Banjir dan Longsor Landa Kebumen, Bupati: Aktifkan Destana

Elde Joyosemito
.
Selasa, 08 November 2022 | 07:56 WIB
Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen tengah dilanda banjir dan longsor, mengingat intensitas hujan yang begitu deras dalam beberapa hari terakhir. (Foto: Dok Pemkab)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen tengah dilanda banjir dan longsor, mengingat intensitas hujan yang begitu deras dalam beberapa hari terakhir, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pun meminta agar semua siap siaga dalam penanganan bencana.

Termasuk salah satunya adalah mengaktifkan kembali desa tanggap bencana (Destana). Menurut Bupati, Destana menjadi bagian penting bagi sebuah desa dalam kesiapsiagaannya menghadapi bencana. Ia menyebut, sebagian Destana sudah mulai aktif.

"Ya saya kira itu penting ya, bahwa Destana perlu digerakan lagi dalam penanganan bencana karena saat ini sudah masuk musim penghujan, dimana Kebumen termasuk salah satu kabupaten yang rawan terjadi bencana longsor dan banjir," ujar Bupati saat ditemui di Mexolie, Senin (7/11/2022).

"Dulu pertama Destana baru ada 60, dan sekarang Alhamdulillah semua desa sudah membentuk Destana, ini bisa membantu masyarakat dengan cepat dalam penanganan bencana bersama dengan BPBD, TNI/Polri dan relawan yang lain," tambahnya.

Tidak hanya itu, Bupati menyatakan, dalam penanganan bencana, desa bisa menggunakan Dana Desa diambil dari 8 persen dana yang ada. Pihaknya meminta agar desa tidak ragu lagi menggunakan dana desa untuk penanganan bencana, karena surat edaran dari Bupati.

"Jadi silakan gunakan dana desa untuk penanganan bencana yang 8 persen. Itu dibolehkan,”katanya.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini