get app
inews
Aa Read Next : Waktu Imsak Itu Apakah Tanda Memulai Puasa dan Sunah Nabi Ataukah Hasil Kreasi Manusia

Makan Pakai Tangan Kanan Bernilai Ibadah Sunah Nabi, 5 Efek Kesehatannya Seperti Ini

Rabu, 09 November 2022 | 10:39 WIB
header img
Makan pakai tangan kanan adalah sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Foto: Freepik

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Makan pakai tangan kanan adalah sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Di dalamnya selain terkandung nilai amalan sunah juga banyak manfaatnya bagi pencernaaan.

Ustaz Ainul Yaqin mengatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu menggunakan tangan kanan ketika menyantap makanan. Kemudian sunah lainnya ketika makan yaitu Nabi menggunakan tiga jari.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu makan dengan tangan kanan, mengunyah makanan dengan baik, tidak tergesa-gesa menelan makanan, makan dengan duduk tidak berdiri, dan berhenti sebelum kenyang, serta makanan yang halal tentunya," papar Ustadz Ainul Yaqin.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya: "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS Al A’raf: 31)

"Setiap perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bisa dijadikan teladan. Termasuk bagaimana mengatur pola makan yang baik, serta menjadikan makan dengan tangan bagian dari sunah," kata Ustadz Ainul Yaqin beberapa waktu lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS Al Ahzab: 21)

Kemudian Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam ayat lainnya:

فَكُلُواْ مِمَّا رَزَقَڪُمُ ٱللَّهُ حَلَـٰلاً۬ طَيِّبً۬ا وَٱشۡڪُرُواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ إِيَّاهُ تَعۡبُدُونَ

Artinya: "Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah." (QS An-Nahl: 114)

Namun jika dilihat dari seiring perkembangan zaman, sebagian orang sudah beralih menggunakan sendok sebagai alat makan dibandingkan memakai tangan. Hal ini juga yang menjadi salah satu standar antara masyarakat kota dan desa.

Dikutip dari laman Times of India, Rabu (9/11/2022), ternyata makan menggunakan tangan memiliki lebih banyak manfaat, yakni untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain sebagai berikut:

1. Membentuk koneksi dengan makanan

Makan menggunakan tangan telah menjadi tradisi lama masyarakat. Orang-orang tidak hanya menggunakan tangan untuk makan, juga terbiasa duduk di tanah selama makan (sama seperti Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam duduk ketika makan).

Meskipun zaman telah berkembang, tempat makan lebih newah dan menggunakan meja, makan dengan tangan sambil duduk masih memiliki hubungan khusus dari masing-masing orang. Makan dengan tangan tidak hanya membuat merasa nostalgia, juga dapat membentuk hubungan dengan apa yang kita makan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut