get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah, Personel Polresta Cilacap Kumpulkan Dana untuk Korban Perundungan

8 Sunah Rasulullah di Hari Jumat, Miliki Pahala Besar dan Sayang Dilewatkan

Jum'at, 09 September 2022 | 10:15 WIB
header img
Hari Jumat adalah hari yang memiliki banyak keutamaan dan pahala yang sangat besar. Setidaknya ada delapan sunah Rasulullah di hari Jumat berkah. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hari Jumat adalah hari yang memiliki banyak keutamaan dan pahala yang sangat besar. Setidaknya ada delapan sunah Rasulullah di hari Jumat berkah yang sayang jika dilewatkan.

Diantara keberkahan di hari Jumat adalah dengan membaca Surat Al Kahfi hingga bersih-bersih diri sebelum menunaikan ibadah Sholat Jumat. Berikut sunah-sunah di hari Jumat yang memiliki pahala besar, sebagaimana dihimpun dari laman Muslim.or.id.

Sunah Rasulullah di Hari Jumat

1. Membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat

Hal ini berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Kemudian Beliau Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat." (HR Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau mensahihkannya)

2. Memperbanyak salawat dan doa

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah salawat kepadaku di dalamnya, karena salawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: 'Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan Engkau telah menjadi tanah?' Nabi bersabda: 'Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi'." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa'i. Sahih)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam menyebutkan tentang hari Jumat. Beliau bersabda:

"Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya." Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut." (HR Bukhari Nomor 935 dan Muslim Nomor 852)

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut