get app
inews
Aa Read Next : Geger, Diduga Dua Janin yang Dipocong, Ternyata Malah...

5 Penemuan Artefak di Dunia yang Menjadi Misteri

Senin, 14 November 2022 | 14:45 WIB
header img
Penemuan Artefak di Dunia yang Menjadi Misteri (Foto: Dreamstime

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Penemuan benda atau artefak di dunia yang menjadi misteri dan sulit terpecahkan hingga kini. Beberapa artefak zaman dahulu ini sulit terpecahkan maksud dan tujuan atas keberadaannya.

Meski perkembangan teknologi dan sains telah semakin maju. Namun masih ada beberapa daftar artefak yang belum bisa dijelaskan para ahli arkeologi hingga saat ini.

Walaupun demikian, penemuan - penemuan tersebut justru menjadi daya tarik bagi masyarakat dunia. Khususnya para arkeologi dan penggemar ilmu sejarah untuk mengetahui kebenaran utuh soal artefak tersebut.

Lantas apa saja penemuan artefak di dunia yang menjadi misteri. Dikutip dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (12/11/2022), berikut adalah daftar penemuan purba paling misterius di dunia.

Temuan Artefak Misterius

1. Mekanisme Antikythera (Yunani)

Artefak yang ditemukan keberadaan sekitar 45 meter di bawah laut pulau Antikythera Yunani ini dianggap terlalu kompleks. Peradaban Yunani kuno ini juga disebut terlalu canggih.

Penemuan artefak di Antikythera dianggap sangat berharga dari monalisa, didugaan kuat tersebut berdasarkan komputer analog yang digunakan dengan tujuan astronomi hingga penanda kalender.

Komputer Yunani kuno yang ditemukan sejak 1901 itu pun masih dianggap membingungkan, pasalnya benda dengan kompleksitas serupa hanya muncul pada perkembangan teknologi jam Eropa pada abad ke 14. Padahal peneliti mengindikasikan jika alat ini dibuat pada tahun 80 sebelum masehi.

2. Makam Qin Shi Huang (China)

Makam Qin Shi Huang langsung menarik perhatian dunia sejak ditemukan di China pada 48 tahun silam. Temuan ini disebut-sebut sebagai salah satu temuan arkeologis terbesar diabad ke-20.

Qin Shi Huang merupakan kaisar pertama China pendiri dinasti Qin dan sempat memerintah sekitar tahun 246 sebelum masehi. Pemerintahnya dikenal memiliki kemampuan beragam, seperti proyek konstruksi yang megah dan besar, salah satunya pembangunan awal tembok besar China.

Temuan ini menjadi begitu menakjubkan karena diisi oleh sekitar 8.000 patung pasukan terakota, lengkap dengan kuda kereta hingga senjata perunggu yang digunakan saat menjaga kaisar Qin Shin Huang.

Meski demikian, para ilmuwan hingga kini masih kesulitan untuk menggali lokasi makam sang kaisar yang dikelilingi oleh parit bawah tanah. Parit tersebut diduga mengandung merkuri beracun.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut