get app
inews
Aa Read Next : Geger, Diduga Dua Janin yang Dipocong, Ternyata Malah...

5 Penemuan Artefak di Dunia yang Menjadi Misteri

Senin, 14 November 2022 | 14:45 WIB
header img
Penemuan Artefak di Dunia yang Menjadi Misteri (Foto: Dreamstime

3. Garis Nazca (Peru)

Garis Nazca terletak di gurun naskah yang kering, dan masih menjadi teka-teki arkeologi di dunia. Rangkaian garis ini pun terdiri dari sekitar 300 macam karakter dengan luas hampir 500 km persegi.

Berdasarkan penelitian motif raksasa Nazca, diciptakan antara 500 tahun sebelum masehi. Pertanyaan terkait dengan bagaimana dan mengapa naskah diciptakan hingga kini masih menjadi misteri serta perdebatan para ilmuwan di dunia.

4. Batu Bulat (Kosta Rika)

Kosta Rika mempunyai lebih dari 300 batu misterius dan banyak, rata-rata berbentuk bulat sempurna.

Bola bola batu ini tersebar dan memiliki ukuran bervariasi, yaitu mulai dari sekecil bola tenis hingga ada yang berdiameter 2,4 meter dengan bobot mencapai 16 ton.

Bola bola Kosta Rika ini bahkan diprediksi dibuat pada periode sekitar 500 hingga 1500 masehi, hingga kini para ilmuwan juga masih belum mengetahui secara pasti tujuan dibuatnya benda ini. Selain itu, bagaimana cara orang orang zaman dahulu membuat batu dengan bentuk bulat sempurna.

5. Patung Moai (Chile)

Pulau Paskah dari batu di negara Chili sangat terkenal, patung-patung ini memiliki keunikan yang hingga saat ini masih membingungkan para peneliti. Banyak perdebatan terkait fungsi dan maksud dari patung ini.

Meski demikian, sebagian peneliti menyimpulkan bahwa fungsi utama patung ini adalah untuk menunjukkan atau mengklaim kepemilikan sumber air tawar yang merupakan sumber daya alam yang paling berharga di wilayah tersebut, karena keberadaan air tawar cukup langka di pulau ini.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "Daftar 5 Temuan Artefak Misterius di Dunia".

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut