get app
inews
Aa Read Next : 10 Peluang Bisnis di Bidang IT yang Paling Menguntungkan, Cek Daftarnya

Peluang Jualan Online di Era Digital, Kuasai Ini Sebelum Memulai

Senin, 21 November 2022 | 11:45 WIB
header img
Peluang Jualan Online di Era Digital, Kuasai Ini Sebelum Memulai

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Tranformasi era digital memiliki peluang besar terhadap para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis mereka hingga dikenal. Untuk dapat menangkap peluang usaha tersebut, diperlukan kemampuan digitalisasi yang dimiliki para pelaku kreatif.

Apalagi, perilaku masyarakat saat ini tak melulu mengandalkan transaksi jual beli secara online, namun telah beralih ke transaksi digital. Maka berjualan secara online, menjadi peluang yang memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya jangkauan yang lebih mudah dah transaksi yang serba praktis.

Kecakapan dalam menjalankan bisnis online ini menjadi penting agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar.

Menurut, Dosen Universitas Bali Internasional Komang Tri Werthi memaparkan, sebelum berjualan secara online, sebaiknya dipastikan terlebih dahulu sumber daya yang dimiliki, mengenai jenis barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan, identifikasi di lingkungan sekitar atau di masyarakat mengenai hal apa yang paling mereka butuhkan. Selanjutnya adalah menentukan pangsa pasar dan targetnya.

“Berikutnya adalah tentang memilih platform yang hendak digunakan untuk berjualan secara online. Lakukan promosi, branding, dan buatlah konten promosi yang menarik konsumen. Jangan lupa untuk senantiasa menganalisis dan mengevaluasi produk,” ujar Komang melalui keterangannya belum lama ini.

Terkait apakah berbisnis online sebaiknya mengikuti tren atau menuruti idealisme, lanjut Komang, semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila berbisnis mengikuti tren, tingkat orisinalitas rendah dan keberlanjutan bisnis bergantung pada tren.

Selain itu, tingkat persaingan juga tinggi sehingga menuntut produktivitas yang juga tinggi. Terlepas dari tren atau tidak, menurut Dosen Komunikasi FISIP Universitas Muslim Indonesia Makassar Andriansyah, prinsip berjualan secara online yang tepat dan jitu tetap harus dilakukan. 

Salah satunya adalah memiliki mental yang tak kenal menyerah, tekun, dan ulet. Riset sebelum memutuskan jenis produk yang akan dijual sangat penting sehingga benar-benar mengetahui barang yang amat dibutuhkan konsumen.

“Untuk platform berjualan online, sebaiknya jangan terpaku pada satu platform saja. Buatlah di beberapa platform yang ada agar makin banyak konsumen mengetahui produk yang kita jual," kata Andriansyah.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut