Logo Network
Network

Pasien Covid-19 Melonjak Terus, Hotel Rosenda Dijadikan RS Darurat

Elde Joyosemito
.
Selasa, 22 Juni 2021 | 14:32 WIB
Pasien Covid-19 Melonjak Terus, Hotel Rosenda Dijadikan RS Darurat
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Titik Puji Astuti dan Camat Baturraden Budi Nugroho pada Sabtu (19/6/2021) petang tinjau Hotel Rosenda. (Foto: Dok Pemkab Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id - Pemkab Banyumas menyiapkan rumah sakit (RS) darurat Covid-19. RS darurat tersebut adalah Hotel Rosenda Baturraden. Nantinya, tenaga kesehatan (nakes) akan ditangani oleh tiga RS negeri di Banyumas.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengatakan, bahwa kasus Covid-19 di Banyumas terus meningkat. Bahkan, BOR atau tingkat keterpakaian tempat tidur RS sudah mencapai 70%. Saat sekarang, total kapasitas tempat tidur sekitar 700 tempat tidur.

Sehingga, pemkab kemudian berencana untuk menyulap Hotel Rosenda sebagai RS darurat. 

"Kalau dijadikan RS darurat, maka ada tambahan 331 tempat tidur. Sehingga secara total, tempat tidur tersedia sebanyak 1.031 bed," kata bupati, Selasa (22/6/2021).

Dijelaskan oleh Bupati, nakes nantinya akan dibantu dari tiga RS yakni RSUD Margono Soekarko, RSUD Banyumas dan RSUD Ajibarang.

"Selain itu, kita juga akan meminta bantuan Fakultas Kedokteran Unsoed dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)," katanya.

Menurutnya, akhir-akhir ini kasus Corona terus mengalami lonjakan. "Kalau dari sifatnya kok seperti varian baru, karena penularannya begitu cepat. Tetapi secara laboratorium, varian baru belum ada," ujar bupati. 

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini