get app
inews
Aa
Read Next : UKT Unsoed Naik Edan-edanan Bahkan Hingga 600 Persen, BEM Bakal Lakukan Ini

Dua Siswi di Bantul Lakukan Penelitian Efektivitas Metode Cara Ngapak dalam Membaca Aksara Jawa

Kamis, 24 November 2022 | 05:25 WIB
header img
Dua Siswi di Bantul Lakukan Penelitian Efektifitas Metode Cara Ngapak dalam Membaca Aksara Jawa. Foto: Ist

BANTUL, iNewsPurwokerto.id - Penelitian yang dilakukan oleh kedua siswa SMAN 1 Dlingo, Bantul ini dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (Opsi) 2022 menghasilkan penelitian tentang metode membaca aksara Jawa 'Cara Ngapak' lebih baik ketimbang metode ceramah pada mata pelajaran bahasa Jawa terutama di aksara (huruf) Jawa. 

Dua siswi tersebut yaitu Isna Rahmawati Fatimah dan Delani Restu Ihsani. 'Cara Ngapak' yang dimaksud dalam penelitian mereka adalah cara membaca aksara jawa.

"Jadi Cara Ngapak di sini bukanlah dialek bahasa jawa di Purwokerto melainkan aksara Jawa Ca, Ra, Nga, Pa dan Ka," kata Isna pada, Rabu (23/11/2022).

Penelitian yang mereka lakukan dalam olimpiade tersebut yaitu dengan judul 'Efektivitas Pembelajaran Aksara Jawa Menggunakan Metode Cara Ngapak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Temuwuh'. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan jika metode 'Cara Ngapak' lebih baik daripada kelas yang menggunakan ceramah dalam pembelajaran untuk memudahkan menghafal aksara jawa.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut