Logo Network
Network

Percepat Akses Data, Kader PKK Banyumas Berlatih Teknologi Informasi

Aryo Rizqi
.
Selasa, 22 Juni 2021 | 20:37 WIB
Percepat Akses Data, Kader PKK Banyumas Berlatih Teknologi Informasi
Kader PKK Banyumas Berlatih Teknologi Informasi (Foto Humas Pemkab Banyumas).

PURWOKERTO, INews.id - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi Pengurus PKK Kabupaten, PKK tingkat Kecamatan hingga tingkat desa atau kelurahan. Kegiatan ini melibatkan 378 pengurus yang dilaksanakan secara bertahap hingga 24 Juni mendatang.

Menurut Ketua TP- PKK, Erna Sulistyawati Achmad Husein, mengatakan pelatihan teknolgi informasi bertujuan agar kader PKK khususnya sekretaris Tim Penggerak PKK dari berbagai tingkatan, dapat menguasai teknologi informasi yang terus berkembang. Diharapkan PKK disemua tingkatan mempunyai akses dan mendapatkan informasi melalui teknologi, sehingga nantinya data dapat cepat tersaji melalui Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK secara akurat dan informasi dapat cepat tersebar melalui media sosial.

“Pelatihan teknologi informasi bagi sekretaris atau kader PKK yang ditunjuk, sebagai proses pengumpulan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi managemen (SIM PKK) sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan,” kata Erna, Selasa (22/6/2021)..

Erna mengatakan kegiatan ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19, tahun 2020, yang direncanakan dilaksanakan secara Virtual. Namun dirasa tidak bisa maksimal pelaksanaannya, karena masih banyak desa yang tidak bisa diakses dengan Internet dan banyak form form yang harus diisi, sehingga perlu digelar secara tatap muka dan dilaksanakan secara bertahap dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Karena itu dirinya berharap SIM PKK, nantinya mampu memberi data keberadaan dan kondisi masyarakat serta semua sarana dan prasarana yang ada secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat dasawisma, desa/ kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai sinergitasnya ke tingkat pusat.

“Penyediaan data inilah merupakan salah satu tugas Kader PKK yang ada ditingkat bawah. SIM PKK merupakan salah satu aplikasi terintegrasi dari pemerintah desa hingga kabupaten dalam menerima informasi yang akurat dari tingkat bawah,” lanjutnya.

Onis Purwito sekretaris panitia menjelaskan bahwa pelatihan dibagi menjadi 7 angkatan digelar hingga 24 Juni mendatang. Panitia mengahdirkan narasumber dari Diskominfo Kabupaten Banyumas dan STIKOM Yos Sudarso Purwokerto.

“Materi yang disampaikan antara lain Sistem Informasi Mananejemen PKK, Cara menginput aplikasi PKK dan cara mengoperasikan sosial media,” katanya

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini