get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

4 Penyebab Mobil Mogok di Rel Kereta Api, Arus Magnet hingga Panik

Kamis, 01 Desember 2022 | 10:35 WIB
header img
4 Penyebab Mobil Mogok di Rel Kereta Api, Arus Magnet hingga Panik. Foto: Dok INewsPurwokerto.id

2. Medan magnet dari lokomotif 

Penyebab berikutnya yang membuat mesin mobil mati secara tiba-tiba ketika berada di rel kereta karena adanya medan magnet yang dihantarkan dari dinamo lokomotif ke rel kereta. Kondisi ini bahkan dapat terjadi dalam radius satu kilometer. 

Maka dari itu, inilah alasannya kenapa palang pintu rel kereta sudah tertutup meskipun kereta belum terlihat. Jadi jangan coba-coba memaksa untuk menerobos palang pintu kereta ketika sirine perlintasan sudah dibunyikan. 

3. Putaran dinamo mobil mati

Selanjutnya penyebab mobil mogok saat berada di rel adalah putaran dinamo yang mati. Kebanyakan, mobil yang melaju di rel kereta dengan kecepatan rendah atau menggunakan gigi mesin di putaran rendah, akan menyebabkan putaran mesin dinamo dan koil bisa mati. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh medan magnet dari lokomotif. 

4. Kondisi psikis pengendara

Penyebab yang terakhir kenapa mobil mogok di rel bisa menyangkut psikologi pengemudi. Pasalnya, ketika pengemudi mobil mengalami mogok saat berada di rel, sudah dipastikan akan panik. Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat pengendara sulit menyalakan mesin mobil. Maka dari itu, selalu berupaya untuk tetap tenang sebelum mencoba menyalakan mesin mobil dalam keadaan tersebut. 

Demikian ulasan penyebab mobil bisa mogok saat berada di rel kereta perlintasan sebidang. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan coba-coba menerobos perlintasan kereta api saat sirine telah berbunyi.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut