get app
inews
Aa Read Next : Shio Apa Saja yang Moncer Rezeki di Tahun Kelinci Air? Cek di Sini

7 Ular Raksasa Dianggap Siluman Pernah Dilihat Manusia

Kamis, 01 Desember 2022 | 13:19 WIB
header img
7 Ular Raksasa Dianggap Siluman Pernah Dilihat Manusia. FOTO/ THE GUARDIAN

SAMARINDA, iNewsPurwokerto.id - Sejumlah ular terpanjang dan memiliki ukuran tubuh yang besar pernah terlihat manusia. Bahkan, saking besar dan panjang, masyakarat lokal di daerah tersebut pernah menganggap jika ular tersebut merupakan ular siluman.

Ular yang dianggap sebagai ular siluman adalah ular anaconda hijau dan phyton sanca yang merupakan salah satu jenis ular terbesar yang ada di dunia. Selain pernah dijumpai manusia, masih banyak jenis ular raksasa yang hidup di bumi, berikut daftarnya seperti dikutip dari SINDOnews.

1. Anaconda Hijau

Di atas adalah foto ular Anaconda Hijau yang disebarluaskan oleh surat kabar lokal A Provincia do Para. 

Ular Anaconda Hijau yang ditemukan di Sungai Abuna Rio negara bagian Acre, Brazil pernah disebarluaskan oleh surat kabar lokal A Provincia do Para seperti terlihat pada foto di atas. Ular Anaconda Hijau tersebut diduga memiliki panjang 15 meter dengan berat mencapai 500 kg dan memiliki berdiameter hingga 1 meter.

Ular Anaconda Hijau (Eunectes murinus) merupakan spesies ular boa raksasa yang banyak tersebar di daerah tropis Hutan Amazon, Amerika Selatan. Ular ini adalah salah satu ular terbesar di dunia yang pernah dilihat oleh manusia.

Walaupun ukuran ular tersebut merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan pernah di catat, tapi masyarakat setempat masih percaya jika ada spesimen-spesimen lainnya yang lebih besar.

2. Ular Boa

Ular Boa raksasa berukuran 16,7 meter dengan berat badan 308 kg pernah muncul di kota Guping, Provinsi Jiangxi, China. Ular yang diperkirakan telah berusia 140 tahun ini ditemukan oleh petugas kehutanan di Cina ketika tengah membuka lahan hutan dengan menggunakan bolduzer. Secara tidak sengaja, mereka menabrak salah satu ular terbesar di dunia hingga tewas.

3. Ular Nabau

Seekor ular raksasa Nabau yang tengah berenang di sepanjang Sungai Baleh, Kalimantan Utara terlihat dari helikopter saat seorang anggota komite bantuan bencana pada 31 Januari 2009 sedang memantau situasi banjir di Ulu Rajang.

Masyarakat sekitar masih percaya akan adanya ular Nabau sepanjang 33 meter. Berdasarkan legenda dan kepercayaan, ular ini bisa mencapai panjang hingga 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung.

Bahkan, masyarakat desa yang tinggal di sepanjang Sungai Baleh percaya akan adanya ular ini. Pasalnya masyarakat sekitar sungai masih sering melihat ular-ular raksasa ini di sungai tersebut.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut