get app
inews
Aa Read Next : Partai Nasdem Banyumas Pastikan Dukung Sadewo-Lintarti, Siap untuk Memenangkan

Ke Banyumas? Tak Lengkap Kalau Belum Cicipi Durian Bawor

Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:17 WIB
header img
Durian bhineka bawor khas Banyumas. Foto: iNews/Saladin Ayyubi

BANYUMAS, iNews.id – Durian Bawor, demikian nama durian khas Banyumas ini. Jika anda ke Banyumas dan belum mencicipi durian Bawor, maka rasanya tidak lengkap. Durian khas ini dikembangkan di Desa Alas Malang, Kecamatan Kemranjen.

Durian Bawor atau biasa juga disebut Bhinneka Bawor mempunyai ukuran besar, bahkan bisa mencapai berat hingga 15 kilogram. Durian Bawor dikenal karena berkulit tipis, berbiji kecil dan berbuah tebal dengan rasa yang enak. Sedangkan buah berwarna oranye dan kuning. 

Selain menikmati lezatnya buah durian, para pengunjung juga bisa mempelajari pembibitan durian unggul asal Banyumas tersebut. 

Di pekarangan seluas sekitar 5 hektare, pengunjung bisa menikmati lezatnya durian bhineka bawor. Meski di kebun ini terdapat beberapa jenis durian, seperti montong, cani dan sunan, namun durian bhineka bawor milik Sarno lebih dikenal hingga ke luar Pulau Jawa.  

Beberapa penikmat durian sengaja datang dari luar kota untuk menikmati kelezatan durian bhineka bawor. Mereka bebas memilih besar kecilnya durian. Setelah dipilih, baru ditimbang untuk ditentukan harganya.  

Setelah itu, pelanggan bisa menikmati di gazebo di tengah kebun yang telah disediakan.  “Saya puas menikmati lezatnya  durian bhineka bawor. Selain bisa bebas memilih, juga bisa menukar durian pilihannya jika kurang cocok rasanya,” kata Bambang, Setiawan, salah satu penggemar durian, Sabtu (11/12/2021)

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut