get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program MBKM Internship Jepang

Peneliti Jepang Ungkap Misteri Putri Malu Menutup Diri

Selasa, 06 Desember 2022 | 15:39 WIB
header img
Peneliti Jepang Ungkap Misteri Putri Malu Menutup Diri. Foto: Ist

TOKYO, iNewsPurwokerto.id - Peneliti Jepang mengungkap rahasia tanaman putri malu menutup diri secara refleks ketika disentuh. Tanaman yang memiliki nama latin Mimosa Pudica itu ternyata memiliki mekanisme sinyal kimia dan listrik untuk menggulung daunnya seketika saat disentuh.

Dikutip dari SINDOnews, kemampuan menggulung daun secara refleks cepat pada tanaman putri malu ini telah dikenal oleh orang barat sebagai touch-me-not. Tanaman putri malu ini mampu menarik kembali daun yang memanjang seperti pinus ke tulang belakang tengahnya.

Meski demikian, hingga saat ini, mekanisme pasti di balik refleks ini masih menjadi misteri bagi sebagian besar orang. Teori utama yang selama ini dipergunakan adalah jika putri malu akan menutup daun untuk melindungi diri dari serangga lapar. Sedangkan alasan lainnya adalah, tanaman malu menutup daunnya untuk mengurangi kehilangan air.

Pada sebuah studi yang diterbitkan 14 November 2022 di jurnal Nature Communications, peneliti Jepang Masatsugu Toyota, seorang ahli fisiologi tanaman di Universitas Saitama di Jepang, berhasil mengungkap rahasia putri malu menutup daunnya secara cepat. Menurut Masatsugu Toyota, putri malu memiliki mekanisme sinyal kimia dan listrik untuk menggulung daunnya.

Kemampuan mekanisme sinyal kimia dan listrik dari tanaman putri malu ini diketahui setelah direkam menggunakan video dalam kilatan cahaya neon. Tim peneliti membuat tanaman putri malu berpendar kemudian memfilmkan daunnya saat meringkuk.

Berdasarkan rekaman yang dihasilkan mengungkapkan jika sinyal kimia dan listrik bergerak bersamaan melalui daun dan memicu untuk ditarik kembali. Rekaman ini juga mengungkapkan bagaimana tanaman tersebut menutup daun dalam hitungan detik, meskipun tak memiliki saraf dan otot.

Dalam rekaman itu, bagian daun menyala saat potensial aksi (depolarisasi listrik membran sel) bergerak melaluinya. Ini mirip dengan cara saraf bekerja pada hewan tetapi tanpa sel khusus untuk menyalurkan energi listrik, namun sinyal berjalan lebih lambat melalui jaringan tumbuhan.

Dari rekaman ini para ilmuwan mengetahui seberapa cepat pulvini berinteraksi dengan selebaran yang bersebelahan. “Pulvini menerima sinyal sekitar 0,1 detik sebelum selebaran berkontraksi, ini sangat cepat untuk tanaman,” kata Masatsugu Toyota dikutip dari laman Live Science, Kamis (24/11/2022).

Pulvini merupakan organ kecil yang terdapat pada tanaman putri malu, fungsinya untuk melepaskan ion kalsium, yang menarik kembali selebaran daun menggunakan perubahan tekanan air. Setelah satu pulvini diaktifkan, kemudian mengirimkan sinyal ke pulvini yang berdekatan, yang menciptakan efek domino (menutup daun) di sepanjang punggung daun.

Para peneliti menyebutkan ini adalah mekanisme pensinyalan utama yang digunakan oleh tanaman putri malu. Melalui rekaman ini, untuk pertama kalinya mengungkapkan dengan tepat bagaimana sinyal tersebut dibuat.

Ia mengatakan, saat sel terdepolarisasi, mereka melepaskan ion kalsium yang bereaksi dengan penanda fluoresen yang ditempatkan pada tanaman. Penggunaan fluoresen menghasilkan kilatan yang mencolok secara berurutan di sepanjang bagian tengah daun.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut