get app
inews
Aa Read Next : Catat Tanggalnya! Ada Skybridge Culture Night Festival di Stasiun Purwokerto

Waspada, Masih Ada 94 Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu

Rabu, 28 April 2021 | 12:48 WIB
header img
Sejumlah pengendara sepeda motor melewati perlintasan kereta. (Foto: Bayu Sasongko)

PURWOKERTO, iNews.id- Di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, terdapat sebanyak 94 titik perlintasan kereta api tidak terjaga atau tanpa palang pintu. Keberadaan perlintasan itu menuntut kewaspadaan dan kehati-hatian masyarakat saat melintasi agar tak terjadi kecelakaan.

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto, Joko Widagdo mengatakan, dari 94 titik itu terdiri 84 titik perlintasan resmi, 10 titik lainnya perlintasan tidak resmi. Letaknya pun merata, baik berada di jalan nasional, jalan provinsi, maupun kabupaten.

"Terbanyak lokasi perlintasan tak terjaga ada di wilayah Kabupaten Banyumas. Meski tidak terjaga atau tanpa palang pintu, pasti ada rambu peringatannya, dan ada tanda stop," ujar Joko.

Dengan kondisi itu, Joko mengingatkan masyarakat untuk selalu memasang kewaspadaan tinggi dan ekstra hati-hati saat akan meintasi perlintasan tanpa palang pintu. Sehingga keselamatan masyarakat maupun perjalanan kereta api dapat terjaga.

"Pengguna jalan wajib berhenti dahulu. Toleh kanan kiri, kalau tidak ada kereta yang akan melintas, baru jalan. Tidak boleh langsung," jelasnya.

Untuk perlintasan tersebut, menurut Joko, jika nantinya dioperasikan angkutan mudik, pihaknya akan menempatkan petugas resmi pengatur lalu lintas di titik-titik itu. Dalam sehari ada dua sift petugas.

"Di masa seperti ini, frekuensi kereta api rata-rata masih 60 kereta per hari. Itu pulang pergi, sudah termasuk kereta penumpang dan kereta barang. Kereta melintas setiap 1,5 jam, tapi dalam kondisi tertentu, misalnya KA Kamandaka dan Serayu jaraknya hanya setengah jam," ungkap Joko.

Editor : Masruri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut