get app
inews
Aa Read Next : Adanya Laporan Dugaan Pencoretan Penerima Bansos, Ini Langkah Bupati

Siap-siap BLT Desember, Silakan Cek Jenis Bansos yang Cair

Kamis, 08 Desember 2022 | 06:20 WIB
header img
Ilustrasi

4. Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (bansos sembako) tahap 4 akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp200 ribu.

5. BLT Yatim Piatu hingga Lansia

Kementerian Sosial (Kemensos) mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan sebesar Rp493 milar.

Tambahan anggaran tersebut digunakan untuk tiga jenis bantuan baru yang akan dicairkan pada November dan Desember 2022 yaitu BLT Anak Yatim, bantuan permakanan untuk lanjut usia (lansia) tunggal dan penyandang disabilitas.

Kemensos akan menyerahkan bantuan uang kepada 946.863 anak yatim piatu, di mana akan mendapatkan Rp200.000 per bulan.

Kemudian untuk lansia tunggal di atas 80 tahun sebanyak 334.011 jiwa, sama halnya dengan penyandang disabilitas juga turut diberikan bantuan makanan dengan total penerima sekitar 84.434 orang.

Para penyandang disabilitas sebanyak 84.434 KPM dapat bansos disabilitas permakanan Rp21 ribu per hari selama 31 hari atau setara dengan Rp651 ribu per bulan.

6. BLT UMKM

BLT UMKM akan cair Oktober hingga Desember 2022 sebesar Rp600.000. BLT UMKM ini berasal dari anggaran belanja wajib daerah untuk pelindungan sosial.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun anggaran 2022 menyatakan, dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, daerah menganggarkan belanja wajib pelindungan sosial untuk priode bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2022.

7. BLT Dana Desa

BLT dana desa masih terus dicairkan hingga akhir tahun. Besaran BLT dana desa Rp300.000.

8. Insentif Kartu Prakerja

Meski pendaftaran kartu prakerja 2022 sudah ditutup hingga gelombang 47, namun insentif masih akan dicairkan bagi peserta. Besaran insentif mencapai Rp3,5 juta

Demikian berbagai macam BLT atau bansos yang bakal dicairkan oleh pemerintah untuk mereka yang berhak. Bagi keluarga tidak mampu, pekerja, pendaftar pra kerja dan pelaku UMKM, siap-siap saja untuk menerima BLT atau bansos. 
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut