get app
inews
Aa Read Next : Usai Dikalahkan Irak, Begini Respons Justin Hubner

Mengapa Timnas Tak Puncaki Klasemen Grup B Piala AFF 2020, Padahal Unggul Selisih Gol atas Vietnam

Senin, 13 Desember 2021 | 16:03 WIB
header img
Timnas Indonesia tak puncaki klasemen meski unggul selisih gol atas Vietnam. (Foto: PSSI)

MENGAPA Tim Nasional (Timnas) Indonesia tak memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2020 padahal  unggul selisih gol atas Vietnam

Nah, beragam pertanyaan muncul kelar laga Vietnam vs Malaysia pada Minggu, 12 Desember 2021 malam WIB.  

Dalam laga tersebut, Golden Stars –julukan Vietnam– menang 3-0 atas Malaysia. 

Kemenangan itu membuat Vietnam mengoleksi enam angka dan memiliki selisih gol +5, mengingat mereka menang 2-0 atas Laos di laga pertama. 

Uniknya, kemenangan itu meroketkan Vietnam ke puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 menggeser Timnas Indonesia! Tentu, kondisi di atas cukup membingungkan. Sebab, Timnas Indonesia yang juga mengoleksi enam angka unggul selisih gol atas Vietnam, yang mana skuad Garuda memiliki +6. 

Selisih gol itu didapatkan setelah  Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dan 5-1 kontra Laos. Jika pun head-to-head yang digunakan, Timnas Indonesia juga belum bertemu Vietnam. 

Namun, perhitungan berbeda diambil AFF dalam penentuan posisi tim di klasemen ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin yang sama. 

Sekadar informasi, di Grup B saat ini ada tiga tim yang memiliki poin sama, yakni Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia. Karena ada tiga tim yang memiliki poin sama, AFF pun membuat klasemen mini khusus untuk Timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia. 

Alhasil, dalam penghitungan klasemen mini, hasil yang didapat Kamboja dan Laos tak masuk hitungan. Karena itu, berhubung baru Vietnam dan Malaysia yang saling bentrok, Golden Stars –julukan Vietnam– berhak memuncaki klasemen karena unggul head-to-head. 

Saat ini di klasemen mini, Vietnam memiliki tiga poin dan selisih gol +3. Sementara itu, Malaysia menempati posisi tiga dengan nol poin, plus selisih gol -3. Bagaimana dengan Timnas Indonesia?   

Berhubung belum tampil kontra dua tim di atas, Timnas Indonesia belum mendulang poin sama sekali dan selisih gol mereka pun masih 0. Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam pada Rabu, 15 Desember 2021 dan Malaysia (Minggu, 19 Desember 2021). 

Timnas Vietnam berada di atas angin. Jika menang atas Timnas Indonesia, mereka otomatis lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Tentunya, Timnas Indonesia takkan mengizinkan hasil itu terjadi. 

Berikut klasemen mini Grup B Piala AFF 2020: 
1. Vietnam 3 Poin (3-0) 
2. Indonesia 0 Poin (0-0) 
3. Malaysia 0 Poin (0-3)
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut