get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Bupati Banyumas Tekankan Pentingnya Sertifikat Tanah

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:59 WIB
header img
Bupati Banyumas Tekankan Pentingnya Sertifikat Tanah. Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Bupati Banyumas Achmad Husein membuka sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program sertifikasi tanah gratis dari pemerintah di Pendopo SiPanji pada Selasa (13/12/2022).

Peluncuran program ini melalui ATR/BPN sebagai program prioritas nasional dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan.

"Sertifikat itu sebagai upaya kepastian hukum. Agar tidak mudah terjadi sengketa dan penyalahgunaan untuk diambil alih," jelas Bupati Banyumas Achmad Husein dalam keterangannya.

Sementara itu dalam sosialisasinya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas Agus Suprapta menjelaskan langkah awal yang harus dilaksanakan, dengan gerakan pemasangan tanda batas sebelum dilakukan pengukuran oleh petugas BPN.

"Untuk bidang yuridis, jika masih ada tanah bidang waris yang akan dibagi. Segera dituangkan dalam surat pembagian waris untuk pengajuan berkasnya," jelasnya.

Ia juga menambah biaya PTSL 2023 akan ditanggung pemerintah melalui anggaran PHLN, rupiah murni dan PNBP. Sementara biaya yang timbul dalam rangka persiapan / pemenuhan syarat PTSL yang tidak tertampung dalam APBN/APBD ditanggung oleh peserta/masyarakat.

"Biaya ditentukan dengan rembug warga yang difasilitasi oleh pemerintah desa dan hasilnya dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh peserta pendaftarannya PTSL," jelasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut