get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Kereta Sawunggalih Tabrak Kerbau di Brebes, 6 Perjalanan KA Terganggu

Rabu, 14 Desember 2022 | 15:55 WIB
header img
Kereta Sawunggalih Tabrak Kerbau di Brebes 6 Perjalanan KA Terganggu. Foto: Ist Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kereta Api (KA) Sawunggalih relasi Pasar Senen - Kutoarjo menabrak seekor kerbau yang melintas di rel kereta di Km 309+6/7 petak jalan Bumiayu - Linggapura, Kabupaten Brebes. Akibat kejadian tersebut, enam perjalanan KA mengalami keterlambatan hingga 82 menit.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro mengatakan jika kejadian tersebut terjadi pada Rabu (14/12/2022) sekitar pukul 12.03. Menurut dia, kerbau tersebut baru saja selesai digunakan untuk membajak sawah oleh Ratmo, pemilik kerbau yang merupakan warga Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong.

"Terima informasi dari Pusat Pengendali KA Pukul 12.03 WIB sumber informasi dari masinis KA 154C bahwa lokomotifnya tertemper kerbau di km 309+6/7 petak jalan Bumiayu - Linggapura. Info dari pemilik, kerbau tersebut selesai digunakan menarik bajak di sawah yang rencana akan dibawa pulang," kata Krisbiyantoro dalam pesan singkatnya kepada wartawan.

Dalam perjalanan pulang tersebut, lanjut Kris, kerbau tersebut tiba-tiba lari menyebrang rel saat ka Sawunggalih melintas. "Saat dalam perjalananan, kerbau tersebut berjalan di samping jalur KA, dan pada saat KA 154C melintas, kerbau tersebut lari menyeberang jalur KA, sehingga menemper KA 154C Sawunggalih relasi Pasar Senen - Kutoarjo," ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, lokomotif KA 154C Sawunggalih mengalami kerusakan pada plug kran yang menyebabkan hilangnya tenaga lokomotif untuk menarik gerbong. Kereta tersebut akhirnya tidak dapat melanjutkan perjalanan hingga mendapatkan lokomotif pengganti. 

"Kerugian pada sarana lokomotif yakni "plug kran" lokomotif putus, sehingga lokomotif hilang tenaga atau performanya, dan harus dilakukan pergantian lokomotif," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut