Logo Network
Network

Sembarangan Pinjam Lipstik, Berisiko Ketularan Herpes

Galih Pramudita
.
Kamis, 24 Juni 2021 | 14:00 WIB
Sembarangan Pinjam Lipstik, Berisiko Ketularan Herpes
Lipstik dan Lipgloss

PURWOKERTO, iNews.id - Hati-hati, meminjam lipstik atau mencoba lipstik milik teman atau di toko, bisa berisiko ketularan herpes

Virus peyebab herpes, bisa menular lewat mulut. Jika seorang penderita herpes memakai lipstik atau lipgloss, maka virus herpes kemungkinan akan tertinggal di lipstick atau lipgloss yang dipakai. Lipstik yang telah digunakan berkali-kali, berpotensi terdapat virus dan bakteri di dalamnya. 

Dilansir dari Forbes, seorang wanita menuntut Sephora pada 26 Oktober 2017 lalu ke Pengadilan Tinggi Los Angeles. Wanita tersebut menuntut, karena tertular herpes (Human Herpes Virus 1 atau HSV-1)

Dia mencoba sampel lipstik di toko Sephora yang berada di Mall Hollywood & Highland, pada Oktober 2015. Gugatan tersebut mengklaim, bahwa wanita itu tidak pernah sakit flu sampai mencoba lipstik di toko Sephora.

Menurutnya Sephora gagal memperingatkan pelanggan dengan jelas tentang risiko tertular herpes dari mencoba lipstik di toko alat kecantikan. 

Sementara itu, dalam penelitian Badan Kesehatan Kanada dalam websitenya menunjukkan bahwa virus herpes, mampu bertahan dalam waktu yang singkat di luar tubuh manusia.

Pada benda mati, virus tersebut dapat bertahan dalam beberapa jam hingga 8 minggu. Dalam publikasi jurnal BMC Infectious Diseases tahun 2006, temuan penelitian menyimpulkan bahwa virus herpes tipe 1 dan 2 dapat bertahan beberapa jam hingga tujuh hari pada permukaan benda mati. 

Sebelum mencoba lipstik di konter kecantikan, pastikan dulu beberapa hal ini. Oleskan pada selembar kertas atau tangan daripada harus mencoba di bibir langsung. Cuci tangan apabila mengoleskan lipstik di tangan karena dapat dipastikan bahwa sampel lipstik di konter sudah digunakan oleh banyak orang sebelumnya.

Langkah pencegahan lainnya dengan melihat review lipstik secara online terlebih dahulu. Mulai sekarang bijak dalam menggunakan kosmetik. Karena resiko tertular penyakit semakin besar.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini