get app
inews
Aa Read Next : Mayoritas Dapat UKT Rendah, 2.375 Calon Mahasiwa Baru Unsoed Registrasi Online Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi PTN 2023, Segera Isi Akun SNPMB dan Ikuti Cara Berikut Ini

Rabu, 04 Januari 2023 | 13:21 WIB
header img
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP untuk sistem seleksi masuk di perguruan tinggi negeri (PTN) 2023. Foto: IST

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP untuk sistem seleksi masuk di perguruan tinggi negeri (PTN) 2023 dimulai dengan registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). 

Jalur SNBP 2023 merupakan penerimaan mahasiswa baru di PTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. 

Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%. Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). 

Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023. 

Pelaksanaan SNPMB 2023 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB di laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud Mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT, pendaftar wajib memiliki akun SNPMB-BPPP melalui Single Sign On (SSO). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut