get app
inews
Aa Read Next : Kilang Cilacap Sediakan 500 Paket Sembako Murah, Ludes dalam Satu Jam

Kilang Cilacap Gelar Pelatihan Kerajinan Piring dan Lidi

Kamis, 05 Januari 2023 | 06:58 WIB
header img
Kilang Cilacap menginisiasi kegiatan pelatihan kerajinan piring dari sapu lidi, di Kampung Berkualitas (KB) ‘Gadis’ Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, pekan lalu.  (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO,iNewsPurwokerto.id-Industri kreatif menjadi satu dari sedikit usaha yang terbukti mampu bertahan menghadapi badai pandemi Covid-19. 

Inilah yang melatarbelakangi Kilang Cilacap menginisiasi kegiatan pelatihan kerajinan piring dari sapu lidi, di Kampung Berkualitas (KB) ‘Gadis’ Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, pekan lalu. 

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna menjelaskan pelatihan pembuatan piring dari lidi menjadi tambahan keterampilan para ibu yang bernilai jual. “Selama ini yang kita tahu lidi hanya dibuat sapu. Melalui pelatihan ini membuka pemahaman baru pemanfaatan lidi untuk kerajinan piring,” ujarnya.

Lanjut Cecep, selain menambah nilai jual dan menambah pendapatan keluarga, pemanfaatan lidi menjadi piring ini juga menjadi alternatif penggunaan piring yang ramah lingkungan. “Material lidi juga relatif tahan lama dan lebih ramah lingkungan karena bukan dari material plastik,”ungkapnya.

Upaya ini sejalan dengan misi PT KPI sebagai perusahaan energi global kebanggaan bangsa, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada poin ketiga, yakni memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. “KB ‘Gadis’ Tegalreja merupakan binaan PT KPI RU IV, dan seoptimal mungkin kami mendukung program-program dari KB ‘Gadis’ ini,”kata Cecep.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut