get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

RM Bambang Soeprapto Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Sosok Cikal Bakal Satuan Brimob

Jum'at, 06 Januari 2023 | 19:45 WIB
header img
RM Bambang Soeprapto Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Sosok Cikal Bakal Satuan Brimob. Foto: tangkapan layar YouTube Brimob Jateng

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sosok Komisaris RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo diusulkan menjadi pahlawan nasional dalam Sidang Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Banyumas. Dalam Sidang TP2GD tersebut telah menyetujui RM Bambang Soeprapto menjadi pahlawan nasional dan merekomendasikan untuk diusulkan oleh Bupati Banyumas.

“Semua peserta telah memberikan masukan dan pendapat, meski berbeda namun semua mendukung dan memperkuat perjuangan Bapak Komisaris RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo untuk direkomendasikan menjadi Pahlawan Nasional," kata Aspem Kesra Purawadi Santoso usai memimpin sidang TP2GD, Jumat (6/1/2023).

"Kita sampaikan ke Bapak Bupati Achmad Husein agar diajukan melalui Dinas Sosial Propinsi, dan kita berharap pada hari Pahlawan Tahun ini beliau sudah bisa ditetapkan oleh Bapak Presiden,” lanjutnya.


RM Bambang Soeprapto Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

 

Sidang yang digelar di ruang rapat Wakil Bupati Banyumas ini dihadiri berbagai unsur pemerintah kabupaten, akademisi, sejarawan hingga Komandan Brimob Purwokerto. Menurut Purawadi, berdasarkan masukan tim, semua berpendapat bahwa RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo layak bahkan seharusnya menjadi pahlawan nasional. 

Komandan Kompi Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Jateng di Purwokerto Kompol Asfaroni mengatakan, Komisaris Bambang Soeprapto merupakan tokoh dan menjadi komandan Kompi di Semarang dan pernah bertugas di Purwokerto yang menjadi cikal bakal Satuan Brimob. Semula usulan tersebut diajukan oleh Paguyuban Keluarga Besar Brimob bersama Batalyon D Satbrimob Polda Jateng. 

“Kita sudah melakukan tahapan-tahapan mulai napak tilas, kemudian melengkapi berkas-berkas juga telah menggelar Seminar Kepahlawanan,” katanya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut