get app
inews
Aa Read Next : Kasihan, Balita di Batu yang Disiksa Calon Ayah Tiri Terus Mengerang Kesakitan

Dampak Positif Minum Air Hangat Sehari-hari, Ini yang Terjadi pada Tubuh

Minggu, 08 Januari 2023 | 11:45 WIB
header img
Air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi air hangat saat cuaca dingin akan sangat membantu untuk menghangatkan tubuh. / Foto: ilustrasi/ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi air hangat saat cuaca dingin akan sangat membantu untuk menghangatkan tubuh.

Disaat cuaca hujan yang mengguyur di awal 2023 ini, minuman hangat sangat cocok untuk menemani hari Anda di tengah kondisi dingin.

Air minum panas atau dingin, membuat tubuh Anda sehat dan terhidrasi. Beberapa orang mengklaim, minum air panas secara khusus dapat membantu melancarkan pencernaan, serta meningkatkan relaksasi, dibandingkan minum air dingin.

Dikutip iNews.id dari Healthline (7/1/2023), penelitian merekomendasikan suhu panas optimal yang boleh diminum antara 54 dan 71°C. Namun demikian, jangan melebihi suhu yang direkomendasikan, sebab bisa menyebabkan luka bakar.

Untuk menambahkan manfaat ekstra bagi tubuh, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon ke dalam air panas untuk memberikan tambahan vitamin C.

Berikut lima manfaat air hangat dan putih yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Dampak Positif Minum Air Hangat

1. Tingkatkan fungsi sistem saraf pusat

Kurangnya asupan air putih, baik panas atau dingin, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya dapat memengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Penelitian dari 2019 menunjukkan air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati. Penelitian ini menunjukkan, dengan mengkonsumsi air minum juga dapat meningkatkan aktivitas otak partisipan selama aktivitas yang menuntut, selain itu juga mengurangi kecemasan.

2. Kurangi menggigil akibat kedinginan

Dalam studi pada 2017 menemukan, meskipun respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, tapi dengan minum cairan hangat dapat membantu mengurangi menggigil. Para peneliti menemukan, meminum air panas dengan cepat membantu seseorang bekerja lebih mudah untuk menjaga suhu tubuh mereka. Hal ini dapat berguna, untuk orang yang bekerja atau berolahraga dalam kondisi dingin.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut