get app
inews
Aa Read Next : KPI RU IV Cilacap Ciptakan Legacy Keberlanjutan Energi di Green House Hidroponik KB Gadis

Keliling di TPA BLE, Menteri LHK Catat yang Diterangkan Bupati Banyumas

Minggu, 08 Januari 2023 | 18:30 WIB
header img
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Bupati Banyumas Achmad Husein berkeliling ke TPA Berbasis Lingkungan dan Edukasi (BLE) di Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Banyumas pada Minggu (8/1/2023). (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Bupati Banyumas Achmad Husein berkeliling ke TPA Berbasis Lingkungan dan Edukasi (BLE) di Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Banyumas pada Minggu (8/1/2023) sore.

Menteri mendengarkan apa yang disampaikan oleh Bupati mengenai TPA BLE. Demikian juga saat mendengarkan paparan bos Greenprosa Arky Gilang Wahab saat menerangkan budi daya magot.

Setiap Bupati Husein memberikan paparan, Siti Nurbaya tampak mencatat. ADa kertas dan pena. Ada beberapa catatan yang ditulis dengan tangannya.

Usai berkeliling dan mendengarkan paparan dari Bupati Husein, Menteri LHK Siti Nurbaya mengungkapkan Banyumas bisa menjadi contoh dalam menangani sampah. Bahkan, setelah berkeliling di TPA BLE, Siti Nurbaya bakal mereplikasi ke daerah-daerah lainnya. 

“Kita akan coba untuk mereplikasi penanganan sampah Banyumas ini,”jelasnya.

Nurbaya berkeliling mulai dari tempat dan peralatan pemilahan sampah, penanganan sampah organik dengan budi daya magot serta pengolahan sampah plastik menjadi refused derived fuel (RDF). 

“Di sini, kami melakukan pengecekan, bagaimana langkah-langkah menangani sampah. Kami melihat dari segala aspek. Mulai dari volume sampah, jumlah tenaga kerja yang terserap sampai pada peningkatan nilai tambah,”jelas dia.

Yang paling penting, lanjutnya, adalah sampah bisa diselesaikan. Sehingga Banyumas dapat menjadi contoh dan programnya bisa direplikasi ke seluruh Indonesia.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut