Logo Network
Network

7 Fakta Unik Infografis Penyisihan Grup Euro 2020

Tim iNews.id
.
Jum'at, 25 Juni 2021 | 20:53 WIB
7 Fakta Unik Infografis Penyisihan Grup Euro 2020
7 Fakta Unik Infografis Penyisihan Grup Euro 2020

SEVILLE, iNews.id- Babak penyisihan grup Euro 2020 telah usai digelar. Sebanyak 16 tim memastikan diri lolos ke babak gugur Euro 2020.

Sebanyak 16 tim yang lolos itu terdiri dari enam juara grup, enam peringkat kedua dan empat tim peringkat tiga terbaik. Empat tim yang terakhir memastikan lolos yakni Spanyol, Jerman, Portugal, dan Ukraina. 

Kepastian itu didapat setelah laga pamungkas fase grup pada Kamis (24/6/2021) WIB selesai digelar. Spanyol lolos sebagai runner up grup E dan Jerman sebagai runner up Grup F. 

Sementara itu, Portugal dan Ukraina mengamankan dua tiket terakhir dari jatah empat tim peringkat ketiga terbaik Piala Eropa 2020. 

Sebelumnya, 12 tim telah lebih dulu melenggang ke fase knock out. Italia, Belgia, Belanda, dan Inggris lolos setelah memuncaki klasemen di fase grup. Sedangkan Wales, Denmark, Austria, dan Kroasia yang jadi runner up grup. 

Juara Grup: Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Prancis, Swedia 
Runner Up: Wales, Denmark, Austria, Kroasia, Jerman, Spanyol 
Peringkat Tiga Terbaik: Portugal, Republik Ceko, Swiss, Ukraina, 

Sepanjang babak penyisihan grup, sebanyak tujuh tim belum merasakan kekalahan. Mereka adalah Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Swedia, Prancis, dan Spanyol. Namun, cuma tiga tim yang disebutkan di awal yang meraih rekor 100% kemenangan.

Selain catatan di atas, sejumlah fakta menarik yang tersaji selama penyisihan grup, berikut ulasannya:

(1) Cristiano Ronaldo (Portugal) menjadi pencetak gol terbanyak di fase grup dengan 5 gol dan 1 assist. Selanjutnya ada Patrik Schick (Republik Ceko), Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), Gini Wijnaldum (Belanda) dan Robert Lewandowski (Polandia) yang mencetak masing-masing tiga gol. 

(2) Kacper Kozłowski (Polandia) menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa. Usianya 17 tahun 246 hari ketika dipasang melawan Spanyol di babak penyisihan grup, 19 Juni 2021 lalu. 

(3) Cristiano Ronaldo menyentuh rekor legendaris Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak di panggung internasional. Dua gol penalti di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) membuat Ronaldo kini mengoleksi 109 gol internasional. 

(4) Ferran Torres mencetak gol dengan sentuhan pertamanya setelah 44 detik masuk sebagai pemain pengganti di laga Spanyol kontra Slovakia, Kamis (24/6). Dia menjadi pencetak gol tercepat yang masuk sebagai pemain pengganti sejak Juan Carlos Valeron mencetak gol ke gawang Rusia pada Euro 2004. Sekadar informasi, Carlos Valeron butuh 39 detik untuk mencetak gol tersebut. 

(5) Penyerang Prancis, Karim Benzema mencetak gol pertama untuk negaranya dalam tujuh tahun terakhir. Benzema langsung memborong dua gol ke gawang Portugal di laga terakhir Grup F yang berakhir dengan skor sama kuat 2-2. 

(6) Sebanyak 8 gol bunuh diri lahir di babak penyisihan grup Euro 2020. Dua di antaranya terjadi saat Slovakia dicukur Spanyol dengan skor 0-5 di matchday terakhir babak penyisihan grup. 

(7) Sebanyak 18 gol lahir dari empat pertandingan yang digelar di hari terakhir babak penyisihan grup Euro 2020. Jumlah itu memecahkan rekor gol terbanyak dalam sehari dalam sejarah kompetisi Euro.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.