get app
inews
Aa Read Next : IT Telkom Purwokerto dan Hompimpaa.id, Bantu Orang Tua Lihat Bakat Minat Anak Lewat Assesmen Online

Ini Deretan Kisah Orang Tua Mencuri Demi Anak

Sabtu, 26 Juni 2021 | 08:50 WIB
header img
Ilustrasi pencurian. (MNC Portal Indonesia)

JAKARTA, iNews.id - Teringat satu peribahasa yang mengatakan “kasih sayang orangtua sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah”. Pribahasa itu mengisyaratkan orangtua akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa adanya keterbatasan pada akhirnya menuntut orangtua untuk memutar otak guna memenuhi kebutuhan sang anak, salah satunya melalui cara mencuri.

Berikut beberapa kasus pencurian oleh orangtua demi anaknya seperti dikutip MNC Portal Indonesia:

1. Curi ponsel pintar agar anak bisa sekolah daring 

Pada bulan Agustus 2020 lalu, pria berinisial AJ yang merupakan buruh tani di Garut, Jawa Barat mencuri ponsel pintar milik majikannya agar sang anak bisa mengikuti sekolah daring. AJ mengaku bahwa penghasilan sebagai buruh tani tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah anaknya. Kasus pencurian ini sendiri tidak diteruskan

2. Curi sawit demi memberi makan anak 

Seorang ibu rumah tangga berinisial RM yang tinggal di Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, divonis tujuh hari kurungan penjara dan masa percobaan dua bulan akibat mencuri tiga buah kelapa sawit PT Perkebunan Nusantara V pada bulan Juni 2020 lalu. Ibu tersebut mengaku terpaksa mencuri untuk membeli beras lantaran anak-anaknya kelaparan.

Kasus ini sempat viral dan menuai kecaman dari warganet Provinsi Riau karena perusahaan dianggap keterlaluan dan kepolisian seharusnya dapat menyelesaikan ini tanpa melalui jalur hukum. Meskipun demikian, RM tidak ditahan walaupun berkas dan barang bukti tetap diserahkan ke jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Rokan Hulu.

3. Seorang bapak curi laptop untuk kegiatan belajar daring anak 

Serupa dengan kasus sebelumnya, seorang pria berinisial H (44) juga mencuri barang elektronik untuk keperluan belajar daring anaknya. H mencuri laptop di rumah seorang mahasiswa berinisial D (21) yang berlokasi di Kampung Ari, Labuhanratu pada bulan Juli 2020 lalu. H berhasil masuk ke rumah D dengan cara membobol menggunakan obeng dan batu.

4. Bapak penjual es curi susu untuk anak

Pada tahun 2019 lalu sempat viral video seorang bapak hendak mencuri susu formula untuk anak. Namun, belum sempat melancarkan aksinya, ia dipergoki oleh polisi. Pelaku berinisial HR yang berprofesi sebagai penjual es itu mengaku bahwa ia tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli susu untuk anaknya. Kasus ini berakhir damai.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut