Logo Network
Network

IT Telkom Purwokerto dan Hompimpaa.id, Bantu Orang Tua Lihat Bakat Minat Anak Lewat Assesmen Online

Alfiatin
.
Jum'at, 04 November 2022 | 18:00 WIB
IT Telkom Purwokerto dan Hompimpaa.id, Bantu Orang Tua Lihat Bakat Minat Anak Lewat Assesmen Online
Rektor IT Telkom Purwokerto bersama CEO Hompimpaa dan Himpaudi Banyumas meluncurkan platform online hompimpaa.id untuk membantu orang tua dan pendidik melakuka assesmen berteknologi AI.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Perkembangan anak memang harus selalu dipantau supaya orang tua tidak salah dalam memilih pola pendidikannya. Hompimpaa.id kini hadir dengan adanya assessmen secara online untuk membantu orangtua dalam melihat potensi bakat dan minat anak.

Assesmen melalui platform online berteknologi AI hasil kerja sama Hompimpaa.id, Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto, dan Himpaudi Banyumas tersebut diluncurkan di rektorat IT Telkom Purwokerto, Jumat (4/11/20222).

Ketua pelaksana program tersebut, Zein Hanni Pradana mengatakan awalnya assesmen tersebut memang hanya dilakukan secara offline dengan muatan materi yang disusun oleh psikolog dan dosen dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yang kemudian diubah menjadi platform online berteknologi AI tersebut. Sehingga orangtua maupun pendidik bisa mengisi assesmen langsung di mana pun dan kapan pun.

"Orang tua atau pendidik bisa melakukan assesmen setiap tahunnya, karena misal saat ini anak hasilnya bakat minatnya di bidang sains, bisa jadi tahun depan akan mengalami perubahan. Meskipun perubahannya biasanya tidak terlalu berbeda. Misal waktu usia tiga tahun bakat dan minat anak belum terlihat, seiring berjalannya waktu nanti bisa terlihat langsung. Hal ini bisa dipengaruhi oleh lingkungan, atau sekolah juga," kata dia.

Untuk mengaksesnya, kata dia, orang tua atau pendidik hanya perlu mendaftar di laman hompimpaa.id. Kemudian tinggal mengisi assesmennya, apakah anak suka bermain kotor atau tidak, dan lainnya. Hasil kecenderungan anak akan langsung keluar pada saat itu juga.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.