get app
inews
Aa Read Next : Cegah Laka Lantas, Petugas Gabungan di Banyumas Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata

Ini Layanan Bus Seperti Hotel Bintang Lima untuk Busmania, Berikut Daftar PO yang Menyediakan

Senin, 06 Februari 2023 | 07:44 WIB
header img
Salah satu PO Bus Juragan 99 yang menawarkan layanan seperti hotel bintang lima. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - PO bus yang ada di Indonesia terus berlomba-loma untuk meningkatkan layanannya. Bahkan ada bus seperti hotel bintang lima. Para penumpang atau busmania akan merasakan pelayanan layaknya menginap di hotel bintang lima.

PO bus terus berusaha menghadirkan bus-bus yang eksklusif untuk melayani para penumpang. Bahkan, tidak hanya perusahaan yang telah lama bergelut di dunia PO, namun juga patra pemain baru. Tidak mengherankan kalau layanan bus seperti hotel bintang lima. Sehingga penumpang atau busmania tentu akan mendapatkan layanan berbeda.

Apa saja yang membedakan bus eksklusif ini dengan bus biasa? Jelas, PO bus armadanya lebih mewan dan nyaman. Fasilitasnya sangat lengkap. Ada juga servis dari para kru yang setiap saat bakal melayani para penumpang. Makanya dengan kelengkapan fasilitas dan kru yang siap sedia setiap saat, layanan bus seperti hotel bintang lima untuk penumpang dan busmania.

Berikut adalah daftar PO yang memiliki bus seperti hotel bintang lima:

1. PO Bus Juragan 99 

PO Bus Juragan 99 belum terlalu lama masuk dunia perusahaan otobus. Namun demikian, mereka telah menghadirkan layanan bus di jalur AKAP. Jelas, kehadirannya langsung menggebrak. Sebab, mereka hasdir  dengan armadanya yang mewah dan nyaman. 

Penumpang harus antre mendapatkan tiket selama berbulan-bulan. Busmania mengenar apa? Ternyata penumpang ingin kursi First Class dengan model sleeper. Inilah yang paling diincar oleh pengguna bus dengan rute Jakarta-Malang atau sebaliknya. Namun karena hanya tersedia dua nomor, membuat antreannya sangat panjang. Satu hal yang membuat kursi tersebut menjadi incaran adalah model sleeper yang ditempatkan di dek atas paling depan. 

Para busmania bakal mendapatkan pengalaman yang berbeda. Sebab, pandangan menjadi lebih luas dan penumpang akan merasa sangat nyaman. PO Juragan 99 juga menawarkan kelas bisnis dengan konfigurasi 1-1-1. Pengaturan kursinya juga sudah full electric dan juga sudah dilengkapi dengan pemijat pada masing-masing kursi. 

Service makannya juga terbilang cukup mewah dan bekerja sama dengan sejumlah PO lain untuk menyediakan makan bagi penumpang. Satu di antaranya restoran Rosin Subang, yang menyediakan beberapa menu mewah bagi penumpang First Class.

2. PO Rosalia Indah 

PO bus yang satu jelas tidak asing bagi masyarakat terutama busmania. Pasalnya, bus yang dijuluki Sultan Palur ini terkenal dengan layanannya yang sangat baik. Bahkan, armadanya juga mewag serta nyaman. 

PO Rosalia Indah juga mendapatkan penghargaan MURI sebagai PO yang mempynyai armada double decker terbanyak. Tentu saja, dengan pelayanan pramugara dan pramugari di Indonesia. 


Punya ratusan bus mewah, penampilan bos PO Rosalia Indah Yustinus Suroso tetap membumi tampil sederhana. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Perpalz)
 
Layanan double decker juga ada yang menyediakan First Class sebagai kelas tertinggi di PO Rosalia Indah. Jelas saja, layanan dari pramugara dan pramugari yang bertugas istimewa. Mereka menyediakan camilan dan air mineral di perjalanan. Pramugara atau pramugari yang bertugas akan menawarkan menu makan berupa iga bakar, steak, dan menu-menu lainnya. Setibanya di tempat istirahat untuk service makan, penumpang First Class juga akan berada di ruangan yang berbeda dan ber-AC. 

3. PO Bus Nusantara 

PO Bus Nusantara mempunyai pelayanan yang sangat baik dengan armada bus yang mewah dan nyaman. Kantor pusatnya di Jalan Getas Pejaten, Kudus, Jawa Tengah, PO ini memberikan layanan bintang 5 dengan bus tingkat yang disebut Conqueror. 

PO Bus Nusantara membangun bodi bus mereka di karoseri milik sendiri, yaitu Nusantara Gemilang (Nusgem). Penampakan bus ini sangat mirip dengan Avante milik karoseri Tentrem dengan ciri khas kaca depan jenong, hanya saja Nusgem tak menggunakan bando. 

Dari penampilannya memang unik, di antaranya adalah dek atas terdapat satu satu buah kursi di bagian paling depan pada masing-masing baris. Sehingga memungkinkan penumpang mendapakan privasi yang lebih besar dan juga ruang bergerakeebih bebas. 

4. PO Bus Narendra 

Sama seperti Juragan 99, PO bus ini merupakan new comer di jalur AKAP. Tetapi sudah berani menawarkan kemewahan bagi busmania. Memang, layanan bus seperti bintang lima tak hanya untuk bus double decker, namun juga pada bus-bus single deck. 

Untuk jenis bus double decker yang dimiliki PO Narendra, telah dilengkapi  dengan kemewahan dengan dilengkapi karpet yang membuatnya terlihat mewah. Bus tersebut menyediakan camilan yang sudah disediakan pada setiap kursi. 

Ketika dalam perjalanan, kru akan menawarkan minuman dengan berbagai macam rasa dan jenis. Untuk kelas sleeper akan mendapatkan satu kursi di kelas eksekutif secara gratis. Namun tidak bisa dimanfaatkan satu tiket untuk dua orang. 

5. PO Bus Harapan Jaya 

PO bus Harapan Jaya mempunyai Sleeper Class. Jelas saja, PO bus ini menawarkan layanan bintang 5 dengan jaminan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Ada juga layanan kursi pijat yang terdapat di bagian paling belakang, yang bisa digunakan oleh seluruh penumpang. 

PO bus yang berkantor pusat di Tulungagung, Jawa Timur itu juga memberikan layanan berupa AVOD, air mineral, kopi dan teh, serta souvenir berupa sandal dengan gambar PO Harapan Jaya. 

6. PO Bus Indorent 

PO bus asal Yogyakarta meberikan layanan bintang 5 dengan berbagai fasilitas dan pelayanan dari kru bud di sepanjang perjalanan. Kursinya mempunyaik konfigurasi 2-1 sehingga uangan terasa lebih luas. 

Guna mendapatkan tiket PO Indorent juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi Indorent. Penumpang yang telah memesan tiket bisa memantau posisi bus yang akan mereka tumpangi. PO Indorent merupakan bus dengan pelayanan pramugari yang akan menawarkan kopi atau teh saat bus baru berjalan. Kwtu memberikan pelayanan payung bagi penumpang satu per satu apabila saat service makan atau turun ke tempat tujuan hujan. 

Demikianlah daftar PO yang mempunyaik bus seperti hotel bintang lima pelayanannya. Tentu saja, PO bus akan terus memberikan layanan prima bagi busmania. 
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut