get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Mengkhawatirkan! Dua Kabupaten Dikepung Zona Merah. Banyumas Zona Apa?

Minggu, 27 Juni 2021 | 19:39 WIB
header img
Tangkapan layar unggahan Bupati Banyumas, Achmad Husein di IGTV, Jumat (28/5/2021).

PURWOKERTO, iNews.id - Sebanyak 25 kabupaten/kota di Jawa Tengah masuk kategori resiko tinggi (zona merah). Untuk wilayah barat selatan Jawa Tengah menyisakan dua kabupaten yang masih orange. Kalau Banyumas zona apa?

Menurut informasi yang dibagikan Bupati Banyumas, Achmad Husein di akun Instagramnya @ir_achmadhusein, Minggu (27/6/2021), Kabupaten Banyumas kondisinya masih lebih baik karena masih di zona orange.

Selain Banyumas, Kabupaten Purbalingga juga masih di zona orange. Namun, hal ini cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, kabupaten-kabupaten di sekitarnya sudah berada di Zona Merah.

Kabupaten/kota yang masuk zona merah pada 14-27 Juni 2021 diantaranya Grobogan, Demak, Jepara, Kota Semarang, Pati, Pemalang, Pekalongan, Sragen, Kebumen, Rembang, Wonogiri, Brebes, Kendal, Batang, Semarang, Karanganyar, Purworejo, Kudus, Blora, Kota Pekalongan, Banjarnegara, Cilacap, Tegal, Sukoharjo, dan Magelang.

"Saya dapat informasi ini dari pak gubernur, jadi akurat.
Wilayah Jateng Barat Selatan, tinggal Banyumas dan Purbalingga yg masih orange (resiko sedang), lainya ZONA Merah (resiko berat/tinggi) termasuk BANJARNEGARA, BREBES, CILACAP, KEBUMEN, PEMALANG dll," tuisnya di IG.

Melihat kondisi ini, Husein meminta kepada seluruh masyarakat Banyumas untuk bisa sama-sama mempertahankan status zona Banyumas. Angka penyebaran positif Covid-19 bisa terus ditekan.

"Ayo kita pertahankan Banyumas zona orange bahkan kalau bisa kuning ke hijau," katanya.

Ia berharap masyarakat bisa saling mengingatkan satu sama lain untuk bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Semua sabar dan saling mengingatkan satu sama lain untuk disiplin PROKES, serta patuhi aturan. Nuwunsewu sangat nggih, pangapunten, ampun kakehen ngoceh (mohon maaf sangat ya, maaf, jangan banyak omong)," katanya.

Dari data yang diperoleh di http://covid19.banyumaskab.go.id/ diperbarui pada 27 Juni 2021 pukul 12.06 WIB, tercatat ada 589 yang terkonfirmasi positif, dari angka itu sebanyak 480 dirawat di rumah sakit, dan 109 orang masuk ruang isolasi.

Sementara sejauh ini, untuk Kabupaten Banyumas, angka positif secara total ada sebanyak 12.428 orang. Untuk pasien Covid-19 yang meninggal ada 472 (4%) dan yang sembuh ada 11.367 (91%).

Editor : Masruri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut