get app
inews
Aa Read Next : Banyumas Disebut Dalam Gugatan MK, Kunjungan Jokowi dan Prabowo Jadi Bahan

Jokowi Sebut Dunia Pers Tidak Baik-Baik Saja, Dewan Pers: Concern Positif

Kamis, 09 Februari 2023 | 14:42 WIB
header img
Gedung Dewan Pers (foto: Okezone)

Problem kedua adalah ekonomi, secara ekonomi ada ketidaksetaraan antara perusahaan pers dengan perusahaan teknologi global yang menguasai pasar distribusi konten secara dominan. Ini yang akhirnya berdampak pada pembagian iklan yang tidak merata, bahkan cenderung mengabaikan jurnalisme berkualitas, karena konten yang tesebar banyak konten 'recahan'.

"Ini perlu didorong dengan aturan yang mengikat dan berdampak baik bagi perusahaan media lokal dan nasional serta penekanan terhadap tersebarnya karya jurnalistik yang sesuai code of conduct," kata Yadi.

Presiden Jokowi sebelumnya meminta insan pers di seluruh Indonesia untuk terus memperkuat perannya sebagai produsen berita yang memiliki kualitas dan bertanggung jawab. Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional di Medan, Sumatra Utara, hari ini.

Bahkan, Jokowi mengungkapkan jika isu utama di dunia pers saat ini sudah bergeser dan bukan lagi soal kebebasan pers.

"Pada hari peringatan Hari Pers Nasional sekarang ini saya ingin mengatakan dunia pers tidak sedang baik-baik saja. Apakah isu utamanya tetap sama? Menurut saya sudah bergeser karena kurang bebas apalagi kita sekarang ini, pers sekarang ini mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya," ungkap Jokowi.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut