get app
inews
Aa Read Next : 11 Mahasiswa Unsoed Belajar Satu Semester di LN, Ada yang di Spanyol, Irlandia hingga Rusia 

Prodi Favorit Seleksi Masuk Unsoed, Ada Pendidikan Dokter dan Komunikasi

Senin, 13 Februari 2023 | 07:40 WIB
header img
Ternyata ada sejumlah prodi (program studi) yang mendapat animo tinggi di antaranya Pendidikan Dokter untuk kelompok IPA dan IPS adalah Komunikasi. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Seleksi masuk Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) Purwokerto telah ada pengumumannya. Ternyata ada sejumlah prodi (program studi) yang mendapat animo tinggi di antaranya Pendidikan Dokter untuk kelompok IPA dan IPS adalah Komunikasi.

Pendaftaran Unsoed yang segera dibuka adalah melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Seleksi masuk Unsoed melalui SNBP dibuka mulai Selasa (14/2/2023) hingga 28 Februari 2023. 

Apa saja program studi yang favorit di Unsoed? Untuk kelompok IPA, masih tetap kedokteran atau Pendidikan Dokter. Daya tampung Pendidikan Dokter sebanyak 52, sementara peminat tahun lalu mencapau 2.378 calon mahasiswa. Prodi lain yang cukup tinggi adalah Farmasi dengan data tampung 60 namun peminatnya mencapai 1.690 pendaftar. 

Demikian juga dengan Keperawatan yang mempunyai daya tamnpung 60, peminatnya sebanyak 1.581 dan Kesehatan Masyarakat dengan kapasitas 60, peminatnya 1.410 pendaftar. Lalu Ilmu Gizi dengan kapasitas 60, peminatnya 1.325 pendaftar. Informatika dengan kapasitas 60, peminatnya 1.305 pendaftar.

Untuk kelompok IPS, yang masih favorit adalah Ilmu Komunikasi dengan daya tampung 64, peminatnya 2.045 pendaftar. Prodi Hukum juga tinggi dengan kapasitas 100, peminatnya 1.878 pendaftar serta Manajemen daya tampung 52, peminatnya 1.821 pendaftar.

Pada tahun ini pendaftaran Unsoed atau seleksi masuk Unsoed agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, ada tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN serta Mandiri. Tetapi tahun ini berubah menjadi jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri. 

Pada tahun lalu, materi UTBK tahun lalu dibedakan menjadi Saintek, Soshum dan Campuran. Namun untuk sedangkan tahun sekarang, ateri ujian UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Penalaran Matematika, Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Literasi dalam Bahasa Inggris. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut