get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah, Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinya

Senin, 20 Maret 2023 | 17:12 WIB
header img
Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah, Lengkap Beserta Arab, Latin dan Artinya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Doa awal Ramadhan sesuai sunnah perlu diketahui umat Muslim agar diberikan kesempatan bertemu bulan Ramadhan. Apalagi, puasa Ramadhan tinggal menghitung hari, meski Pemerintah belum mengeluarkan keputusan resmi terkait penetapan awal puasa melalui sidang isbat 2023.

Berdasarkan kalender organisasi Islam yang dikeluarkan Lembaga Falakiyah PBNU maupun Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, puasa Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sidang isbat baru akan diputuskan melalui penetapan awal Ramadhan pada Rabu, 22 Maret 2023 oleh Kementerian Agama. Sehingga doa awal Ramadhan merupakan salah satu bentuk syukur yang dilakukan umat Muslim.

Apalagi menjalankan ibadah Puasa Ramadhan adalah kewajiban tiap muslim yang sudah mukallaf. Berdasarkan dalil, puasa Ramadhan diwajibkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaiman telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 183).

Menyambut datangnya Bulan Ramadhan, umat Muslim sangat dianjurkan untuk mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Selama bulan Ramadhan, umat Muslim nantinya akan ditempa dengan beragam ibadah yang memiliki pahala berlipat ganda.

Salah satu bentuk syukur akan datangnya Bulan Ramadhan, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa. Ini doa awal Ramadhan yang penuh barokah dan maghfiroh

Doa Awal Ramadhan Sesuai Sunnah

Arab: اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Latin: Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhona wa tasallamhu minni mutaqabbala

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut