get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Ini yang Dilakukan KAI Daop 5 Purwokerto dan Dirjen Perkeretaapian Jelang Masa Angkutan Lebaran 2023

Selasa, 21 Maret 2023 | 12:44 WIB
header img
Pastikan Keselamatan Perjalanan KA Jelang Angkutan Lebaran 2023, KAI Periksa Kelayakan Sarana Prasarana. Foto : Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk meningkatkan keselamatan dan memastikan keamanan perjalanan Kereta Api jelang angkutan Lebaran 2023, PT KAI Daop 5 Purwokerto bersama tim dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang DJKA-Kemenhub melakukan pemeriksaan di Depo Kereta Purwokerto. Pemeriksaan meliputi dari 29 lokomotif dan 165 gerbong kereta serta SDM.

"Dalam rangka persiapan angkutan lebaran, seperti kita ketahui untuk jumlah penumpang itu akan melonjak tinggi namun kegiatan ini tidak hanya kita lakukan saat angkutan lebaran tapi memang ada waktu waktu tertentu juga yang kita lakukan," kata Rika Rahim koordinator Satuan Pelayanan Purwokerto Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang DJKA-Kemenhub kepada wartawan, Selasa (21/3/2023).


Menurut dia, kegiatan pengecekan dilakukan secara rutin. Namun pada masa angkutan lebaran ini, pihaknya memang benar-benar melakukan persiapan agar aspek keselamatannya terpenuhi.

"Untuk armada kereta api itu ada lokomotif, ada sarana kereta api terutama untuk pelayanan penumpang. Untuk Purwokerto sendiri ada 29 lokomotif, pengecekan kita keseluruhan karena itu satu rangkaian, termasuk juga SDM kita juga akan lakukan pengawasan terhadap sertifikasinya," ucapnya.

Menurut Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, selain melakukan pemeriksaan dan pengecekan di Depo Kereta Purwokerto, pengecekan sarana dan prasarana juga dilakukan di stasiun dan sepanjang jalur kereta api bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas dan Kepolisian. Pemeriksaan dilakukan untuk meyakinkan kondisi pengamanan baik di stasiun dan disepanjang jalur KA, kondisi jembatan, dan pemeriksaan daerah-daerah rawan disepanjang jalur tersebut telah terpenuhi.

“Kami meyakinkan kondisi track/jalur benar-benar baik, lebar jalur, kondisi bantalan dan jembatan, perlintasan sebidang serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS),” terang Daniel. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut