get app
inews
Aa Read Next : Kemojing Bersholawat Sambut Maulid Nabi, Bentuk Meneladani Akhlak Rasulallah SAW

Doa Buka Puasa yang Sahih Seperti Diajarkan Nabi Muhammad SAW, Singkat dan Mudah Diingat

Kamis, 23 Maret 2023 | 13:12 WIB
header img
Doa buka puasa yang sahih seperti diajarkan dan dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam penting diketahui Muslim.Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Doa buka puasa yang sahih seperti diajarkan dan dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam penting diketahui Muslim. Apalagi saat ini adalah Bulan Ramadhan 1444 Hijriah 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :
"Jika salah seorang dari kalian ingin makan, maka hendaknya dia pun membaca Bismillah (terlebih dahulu)" (HR. At-Tirmidzi no. 1858, Ibnu Majah no. 3264 dan Ahmad no. 25149, hadits dari Aisyah)

Dimulai dengan memakan kurma atau pun meminum air, dan apabila tenggorokan telah basah dengan air, baru berdoa :

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ الله

"Dzahabazh Zhoma-u Wabtallatil ‘Uruuqu Wa Tsabatal Ajru Insya Allah

Artinya: Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insyaa Allah)" (HR. Abu Dawud no. 2357, an-Nasaa’i no. 3315, ath-Thabrani dalam Kitabnya al-Mu’jamul Kabir no. 14097, ad-Daaruquthni no. 279, & al-Baihaqi IV/239, al-Bazzaar no. 5395, Ibnu Sunni no. 472 dan al-Haakim no. 1536, hadits dari Ibnu Umar)

Ustaz Najmi Umar Bakkar menjelaskan, derajat pada hadits ini telah dianggap hasan oleh Imam al-Albani di dalam Kitab Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no. 4678, Irwaa-ul Ghaliil no. 920 dan Takhriij Misykaatul Mashaabiih no. 1993, al-Haafizh Ibnu Hajar al-Asqalaani dalam al-Futuuhaat ar-Rabbaaniyyah IV/339, Imam ad-Daruquthni di dalam at-Talkhiishul Habiir II/802, Imam Ibnu Qudamah di dalam al-Mughni IV/438, Syaikh Syu'aib al-Arnauth dalam Takhriij Sunan Abu Dawud no. 2357, dan para ulama hadits lainnya.

Barakallah fikum.                           

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut