get app
inews
Aa Read Next : Kemojing Bersholawat Sambut Maulid Nabi, Bentuk Meneladani Akhlak Rasulallah SAW

Begini Ciri Fisik Serta Pakaian dan Warna yang Disukai Nabi Muhammad SAW

Kamis, 14 April 2022 | 14:07 WIB
header img
Bagaimana sebenarnya ciri fisik Nabi Muhammad SAW? (Foto: Istimewa/Sindonews)

BAGAIMANA sebenarnya ciri fisik Nabi Muhammad SAW? Para ulama banyak menulis kitab berkenaan dengan masalah bentuk fisik Rasulullah. 

Kitab terbaik yang dapat menjelaskannya adalah ditulis oleh al-Imam Abu 'Isa Muhammad bin 'Isa bin Saurah at-Tirmidzi yakni asy-Syamaail. Kemudian, karya itu diikuti oleh kitab-kitab para imam dan ulama-ulama lainnya.

Dilansir dari Sirah Nabi Muhammad SAW karya Al-Hafizh Ibnu Katsir, Kamis (14/4/2022), Syaikh Abu Zakariya an-Nawawi merangkum kitab itu dalam Tahdziibnya ke dalam sebuah penjelasan ringkas yang menerangkan ciri-ciri fisik Rasulullah.

An-Nawawi menjelaskan: "Beliau tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek, tidak terlau putih kulitnya dan tidak terlalu coklat, serta tidak terlalu keriting dan tidak terlalu lurus rambutnya.”

Pada awalnya, Nabi membiarkan rambutnya terurai, tetapi kemudian beliau sering menyisirnya menjadi belah tengah. Beliau juga menyisir rambut dan merapikan jenggotnya. Setiap malam beliau menggunakan celak itsmid pada kedua matanya sebanyak tiga polesan, yaitu ketika hendak tidur.

Rasulullah bertubuh bagus dan memiliki bidang bahu yang lebar. Panjang rambut Nabi sampai ke bahu, sesekali paniang rambutnya hingga ke batas daun telinga, bahkan sekali waktu mencapai pertengahan telinga. Beliau memiliki jenggot yang tebal, telapak tangan yang lebar, jari-jari yang besar, serta kepala yang bidang dan persendian yang kuat.

Wajah Rasulullah agak bulat, kedua kelopak matanya berwarna ad'aj (hitam pekat). berbulu mata panjang, kemerahan bagian depan dan bagian belakang bola matanya, dan memiliki masrabah, yaitu bulu-bulu halus di bagian dada hingga pusar seperti tongkat. Kalau berjalan, beliau mengangkat kakinya seolah-olah turun dari shabab, yakni berjalan dengan gagah. Arti shabab di sini adalah tempat menurun.

Wajah Nabi bercahaya bagaikan cahaya bulan di malam purnama, seolah wajah beliau itu benar-benar seperti bulan. Beliau memiliki suara yang bagus, pipi yang agak pipih, mulut yang dhali serta dada dan perut yang rata.

Bahu dan lengan beliau berbulu, dada beliau membusung, kedua pundak beliau tinggi, dan dadanya bidang. Beliau pun memiliki celah mata yang panjang, juga tumit yang berdaging sedikit.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut