get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Kripik Daun Strawberry, Jadi Peluang Usaha Sajian Kuliner di Purbalingga

Awas! Jangan Ambil Tatakan saat Minum Es Dawet di Desa Ini, Bisa-bisa Penjual Minta Dinikahi

Kamis, 30 Maret 2023 | 18:50 WIB
header img
Awas! Jangan Ambil Tatakan saat Minum Es Dawet di Desa Ini, Bisa-bisa Penjual Minta Dinikahi. Foto: YouTube Jejak Richard

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Menikmati es dawet di Ponorogo, Jawa Timur memang sangat berbeda. Wisata kuliner di bumi Reog salah satunya adalah es dawet Jabung.

Ada yang berbeda dari es dawet Jabung yang sangat legendaris ini. Terdapat mitos ketika Anda menikmati segelas es dawet Jabung. Salah satunya, jangan sekali-kali mengambil tatakan piring atau lepek saat si penjual menyajikan es dawet.

Lantas, apa yang akan terjadi jika pembeli mengambil tatakan piring es dawet tersebut? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id dari Channel YouTube Jejak Richard, dikutip Kamis (30/3/2023).

Budaya minum es dawet di salah satu desa di Ponorogo, Jabung sangat berbeda. Desa Jabung yang berada dalam wilayah Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo ini memang terkenal dengan dawet jabungnya. Sehingga tak heran jika hampir rata-rata warga di desa ini berprofesi sebagai penjual dawet Jabung.

Bahkan, keberadaan warung-warung es dawet Jabung ini sudah ada di Ponorogo sudah dikenal sejak tahun 1960.

Dawet sendiri merupakan minuman yang populer dan terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan. Kebanyakan Es Dawet memiliki cita rasa manis dan gurih.

“Kalau dawet itu kisahnya begini, jadi dulu orang Jabung tuh yang tidak punya sawah, itu kalau musim panen pada membuat jualan jajanan dan minuman yang dibawa ke sawah kemudian nanti ditukar dengan hasil panen,” ujar salah satu warga Desa Jabung, yang dilansir dari video youtube di channel Jejak Richard.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut