get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Gelar Sapa Pagi pada Peserta Pengajuan Klaim

BI Purwokerto Siapkan Uang Rp3,9 Triliun Untuk Penukaran Jelang Lebaran 2023

Selasa, 11 April 2023 | 21:13 WIB
header img
BI Purwokerto Siapkan Uang Rp3,9 Triliun Untuk Penukaran Jelang Lebaran 2023. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto telah menyiapkan dana sebesar Rp 3,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Dengan dana tersebut, masyarakat dapat menukarkan uangnya melalui tiga tempat di wilayah Karisidenan Banyumas.

"Kita menyiapkan Rp3,9 Triliun dan untuk menukarkan ada tiga tempat yang pertama di Mall Pelayanan Publik, kemudian kas keliling dan selanjutnya masyarakat bisa langsung ke perbankan di 39 cabang bank di Banyumas Raya (Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia ( BI) Purwokerto Rony Hartawan saat meninjau penukaran uang Kas Keliling di Hetero Space Purwokerto, Selasa (11/4/2023).

Menurut dia, khusus penukaran uang di Mall Pelayanan Publik, pihaknya melakukan inovasi dengan menyediakan tiga layanan penukaran uang yang dapat dilakukan dengan menggunakan uang tunai, QRIS dan transfer debit. Masyarakat yang ingin menukarkan uang harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui laman https://pintar.bi.go.id/.

"Khusus untuk di mall pelayanan publik untuk melakukan penukaran terdapat tiga cara, yang pertama bisa pakai uang cash, lalu bisa pakai QRIS dan selanjutnya bisa transfer debit jadi memudahkan masyarakat," ujar Rony yang menarik adalah tidak semua daerah memiliki mall pelayanan publik dan seringnya menggunakan kas keliling dan penukaran uang melalui bank. 

"Dan ini inovasi kita di mall pelayanan publik, yang tentunya lebih nyaman. Tapi tetap yang klasik seperti kas keliling ini tetap kita adakan, jadi biar tetap menjangkau ke semua lapisan masyarakat," lanjutnya.

Dia menyebut jika ketersediaan uang tunai yang disiapkan tahun ini meningkat sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Sedangkan pecahan yang banyak diminati masyarakat adalah pecahan kecil.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut