get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tangkap Pengedar Psikotropika di Cilongok Banyumas, Amankan Ribuan Obat-obatan Berbahaya

Gelar Operasi Ketupat Candi 2023, Polresta Banyumas Musnahkan Ribuan Miras dan Knalpot Brong

Senin, 17 April 2023 | 11:24 WIB
header img
Gelar Operasi Ketupat Candi 2023, Polresta Banyumas Musnahkan Ribuan Miras dan Knalpot Brong. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Polresta Banyumas memusnahkan ribuan botol minuman keras dan knalpot brong hasil cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat Candi 2023. Operasi ini dilakukan untuk menekan penyakit masyarakat selama bulan Ramadhan 2023.

"Untuk minuman keras yang kita sita ini merupakan hasil operasi kita dari bulan Januari sampai bulan April. Termasuk sebelum bulan suci Ramadhan kita juga meningkatkan operasi operasi dan kegiatan rutin yang ditingkatkan, sehingga kita melaksanakan kegiatan operasi penyakit masyarakat, salah satunya minuman keras," kata Kapolresta Banyumas, Kombes Edy Suranta Sitepu usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di GOR Satria Purwokerto, Senin (17/4/2023).

Dia mengatakan pihaknya memusanahkan ribuan botol minum keras dari berbagai merek dengan total 3.524 botol, ciu total 4.300 liter, tuak 4.170 liter dan knalpot sekitar ada 1.510 buah yang berhasil disita. Tujuannya adalah agar masyarakat yang melaksanakan puasa dan merayakan hari raya idul Fitri ini bisa aman dan nyaman, khidmat.

"Khusus knalpot brong kami tidak lagi statis di jalanan, tetapi kami menggerakkan seluruh Babinkamtibmas yang bekerjasama dengan Babinsa untuk datang ke rumah-rumah. Mereka akan patroli di desa, dan ketika menemukan, maka Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa ini akan memanggil orang tuanya, kemudian mengedukasi dan langsung di minta untuk diganti (knalpot). Tujuannya melibatkan orang tua supaya mereka ikut mengawasi anak anaknya untuk tidak menggunakan knalpot brong," ungkapnya.

Dia mengungkapkan jika hasil operasi yang dilakukan ini tidak bisa hilang seutuhnya, tapi sedikit banyak bisa mengurangi terkait dengan knalpot brong dan peredaran minuman keras agar umat muslim yang melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan bisa melaksanakan tanpa ada gangguan. 

Sementara menurut Bupati Banyumas Achmad Husein yang ikut melakukan pemusnahan minuman keras dan knalpot brong mengatakan jika upaya ini membuktikan jika jajaran kepolisian telah bekerja menegakkan supremasi hukum di Banyumas.

"Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan juga masyarakat bisa mengambil pelajaran agar jera, untuk tidak mengulanginya lagi. Untuk pemasok sudah tahu tidak boleh , jangan pasok lagi, kalau pasok lagi harusnya ditindak lebih tegas karena itu memang barang-barang berbahaya," jelasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut