get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Banyumas dan LKPP Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

Sudah Ratusan Pemudik yang Masuk Banyumas Lewat Mudik Gratis, Menyusul Ribuan

Selasa, 18 April 2023 | 13:04 WIB
header img
Ratusan warga Banyumas yang berada di peratauan, terutama di daerah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya menggunakan fasilitas Mudik Gratis. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Ratusan warga Banyumas yang berada di peratauan, terutama di daerah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya menggunakan fasilitas Mudik Gratis yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan, serta dari Pemerintah Provinsi DKI dan Banten. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Mudik Gratis Pemprov Jawa Tengah tahun 2023.

Pemberangkatan tahap pertama telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah pada hari Senin, 17 April 2023, pukul 10.00 WIB dari Museum Purna Bhakti TMII Jakarta. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Sriyono, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas menyediakan 2 bus sendiri dengan dana APBD. Sementara itu, 1 bus berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan 2 bus dari Pemerintah Provinsi Banten.

"Hari ini, terdapat 5 bus mudik gratis yang berangkat menuju Terminal Bus Bulupitu. Bus terakhir dijadwalkan tiba di terminal pada Selasa dini hari (18/4/2023) sekitar pukul 02.00 WIB dari Banten. Alhamdulillah, semua yang tiba di Terminal Bus Bulupitu tidak mengalami hambatan, baik dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DKI, maupun Banten. Semua perjalanan berlangsung dengan aman," ujar Agus.

Agus menambahkan bahwa untuk Program Mudik Gratis ini, pihaknya bekerja sama dengan Paguyuban Perantau Banyumas seperti Bandafo, Papermas, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan untuk mengkoordinir para perantau yang tinggal terpisah-pisah.

"Selain pemudik yang pulang kemarin, hari ini dan besok, 18-19 April, terdapat 25 bus bantuan dari kemenhub. Setiap armada menampung sebanyak 50 orang," tambahnya.

Agus juga meminta maaf kepada warga Banyumas yang berada di perantauan yang belum dapat menikmati fasilitas gratis ini. Ia berharap program Mudik Gratis pada tahun mendatang dapat menambah jumlah bus yang disediakan sehingga lebih banyak warga Banyumas yang dapat memanfaatkannya secara gratis.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut