get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Jadi Tempat Eksekusi Mati, Ini Kisah Misteri Lapas Nusakambangan

Selasa, 04 Januari 2022 | 21:23 WIB
header img
Pulau Nusakambangan terlihat dari Segara Anakan. Ada sejumlah misteri Pulau Nusakambangan yang diyakini masyarakat sampai sekarang. (Foto: Elde Joyosemito)

JAKARTA, iNews.id - Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dan pasti sudah mengenal tentang Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Nusakambangan. Lapas yang terletak di pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu penjara paling mengerikan di Indonesia.

Lapas Nusakambangan tempat eksekusi gembong narkoba Freddy Budiman oleh regu tembak Brimob di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 Juli 2016 silam.

Bahkan, lapas paling mengerikan di Indonesia ini sudah terkenal hingga keluar negeri dan sering kali disebut sebagai Alcatraz-nya Indonesia.

Penjara ini juga mendapat julukan “Pulau Kematian” karena sangat berperan sebagai pusat eksekusi narapidana kelas kakap.

Selain itu, pulau ini dicap mengerikan oleh sebagian orang lantaran masih banyak hewan buas yang hidup bebas di pulau tersebut serta lingkungan yang terbilang ekstrem.

Namun dibalik itu semua, berikut adalah beberapa misteri mengerikan dibalik Lapas Nusakambangan.

1. Penjara Super Ketat

Dibangun sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda, pulau Nusakambangan memiliki tujuh penjara besar. Tiga di antaranya yaitu Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, adalah penjara yang dijaga super ketat oleh aparat.

Lapas Nusakambangan mempunyai penjagaan yang dibuat super ketat mengingat para penghuninya adalah penjahat kelas kakap seperti bandar narkoba, pembunuh berencana, hingga teroris.

Dihuni khusus oleh narapidana kelas kakap. Maka tak heran penjagaan hingga beberapa selnya dilengkapi dengan keamanan super maksimal. Ada pula yang dijaga oleh pasukan bersenjata lengkap, hingga terdapat sel isolasi khusus untuk napi berisiko tinggi.

Selain itu, diketahui setiap dinding penjara ini dikelilingi kawat berduri dan dipantau dengan menara pengawas.

Setiap harinya, patroli dilakukan tanpa henti selama 24 jam. Penjaga yang senantiasa dilengkapi dengan senjata api menambah kesan berbahaya dari penjara ini.

2. Bukit Nirbaya

Salah satu alasan mengapa Lapas Nusakambangan sangat mengerikan yakni adanya sebuah bukit bernama Nirbaya.

Bukit Nirbaya yang berada di pulau Nusakambangan itu kerap kali dijadikan tempat eksekusi mati untuk para tahanan dengan vonis hukuman mati.

Dari banyaknya spot eksekusi mati di pulau ini, Bukit Nirbaya adalah tempat yang paling banyak menyaksikan matinya para narapidana.

Salah satunya Freddy Budiman yang dieksekusi mati oleh regu tembak Brimob di Lapangan Tunggal Panaluan, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 Juli 2016 silam

Lapas ini menjadi mimpi terburuk bagi para narapidana apalagi saat mendengar nama Bukit Nirbaya.

Narapidana yang menginjakkan kaki di bukit ini tidak akan pernah kembali dengan selamat.

Karena banyaknya nyawa yang melayang di tempat ini, para warga sekitar sering mendengar suara misterius yang diasumsikan datang dari para arwah yang tidak tenang.

Selain itu, bukit tak berpenghuni ini juga gelap gulita dan ditutup oleh flora dan fauna liar yang menambah kesan angker.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut