get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Keperawatan UMP Raih Juara 1 Kompetisi Sosial Opinion Writing 2024

Hari Buruh 2021 di Banyumas Diwarnai Aksi Mahasiswa

Sabtu, 01 Mei 2021 | 21:03 WIB
header img
Ratusan mahasiwa di Purwokerto, Jawa Tengah, gelar aksi damai peringati Hari Buruh Internasional 2021, di kompleks Alun-alun Purwokerto, Sabtu (1/5/2021). (Foto: Elde Joyosumito)

PURWOKERTO, iNews.id- Hari Buruh 2021, ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Banyumas melakukan aksi di depan Alun-alun Purwokerto, Sabtu (1/5/2021).

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi, Wisnu Ludi Kuncoro mengatakan, aksi ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas nasib buruh yang belum juga membaik paska ditetapkannya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Di momen may day ini, kami ingin menyuarakan keresahan buruh dengan kondisinya yang semakin sulit dengan adanya UU Cipta Kerja," katanya.

Terlebih, dengan adanya pandemi Covid-19, banyak buruh yang harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau tidak mendapat gaji penuh.

Dalam aksi damai yang diikuti belasan organisasi kemahasiswaan ini, para aktivis bergiliran menyampaikan orasi menuntut pemerintah menghapus UU Cipta Kerja.

Selain itu, ada juga tuntutan buruh supaya perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) secara penuh, jelang Hari Raya Idulfitri.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polresta Banyumas. Bahkan, Kapolresta Banyumas Kombes M Firman L Hakim juga turun langsung memantau jalannya aksi.

Kapolresta sempat menawarkan kepada masa aksi untuk segera membubarkan diri. Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan sebelumnya ada klaster salat tarawih di Banyumas.

Namun, permintaan ini ditolak mahasiswa dan melanjutkan masa aksi hingga selesai. Aksi peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Banyumas ini berjalan damai.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut