get app
inews
Aa Read Next : 861 Penumpang Daop 5 Purwokerto Pilih Kereta Api Suite Class Compartment Selama 2024

Ini Daftar 8 KA di Daop 5 yang Dibatalkan Pada Masa PPKM Darurat

Sabtu, 03 Juli 2021 | 09:28 WIB
header img
Ilustrasi perjalanan Kereta Api. (Foto : Aryo Rizqi).

PURWOKERTO, iNews.id- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menghentikan sementara 8 (delapan) perjalanan kereta api, baik itu KA jarak jauh, KA Aglomerasi maupun KA Lokal mulai 3 Juli 2021.

Kebijakan ini berkaitan dengan perkembangan pandemi Covid-19 sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi mengatakan terdapat 8 perjalanan kereta pemberangkatan dari Daop 5 yang dihentikan sementara.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari upaya penataan ulang jadwal keberangkatan di tengah pandemi Covid-19. Pembatalan perjalanan KA ini tidak berlaku setiap hari. Selain itu, waktunya tidak khusus di hari kerja atau weekdays saja.

Adapun kereta api pemberangkatan dari wilayah Daop 5 Purwokerto yang dibatalkan periode 3 -20 Juli 2021 sbb:

KA Jarak Jauh:

1. KA Purwojaya relasi Cilacap - Gambir PP Batal pada hari Minggu 04 Juli, Jumat 09 Juli,    Minggu 11 Juli, Jumat 16 Juli, Minggu 18 Juli dan Selasa 20 Juli 2021.

2. KA Sawunggalih Malam relasi Kutoarjo - Pasarsenen PP Batal pada hari Sabtu 03 Juli s/d Senin 05 Juli, Kamis 08 Juli s/d Senin 12 Juli dan Kamis 15 Juli s/d Selasa 20 Juli 2021.

3. KA Kertanegara relasi Malang - Purwokerto PP Batal pada hari Minggu 04 Juli, Jumat 09 Juli, Minggu 11 Juli, Jumat 16 Juli, Sabtu 17 Juli, Minggu 18 Juli dan Selasa 20 Juli 2021

4. KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto - Cikampek - Bandung PP Batal pada hari Minggu 04 Juli 2021.

KA Aglomerasi:

5. KA Joglosemarkerto relasi Solo - Semarangtawang - Tegal - Purwokerto - Yogyakarta - Solo PP Batal pada hari Sabtu 03 Juli s/d Selasa 20 Juli 2021

6. KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto - Tegal - Semarangtawang – Solo Batal pada hari Sabtu 03 Juli s/d Selasa 20 Juli 2021

7. KA Kamandaka relasi Purwokerto - Semarangtawang PP Batal pada hari Sabtu 03 Juli s/d Selasa 20 Juli 2021

KA Lokal:

8. KA Bandara YIA relasi Yogyakarta - Kebumen PP Batal pada hari Sabtu 03 Juli s/d Selasa 20 Juli 2021.

Tanggal batalnya variatif, setiap KA batalnya tidak setiap hari. Ada yang dibatalkan perjalanannnya di weekdays saja, tetapi ada yang di akhir pekan tetap beroperasi," kata Ayep, Jumat (02/7).

Sedangkan kereta api yang masih beroperasi untuk pemberangkatan dari Daop 5 adalah:

1.         KA Serayu Pagi relasi Purwokerto – Kroya – Pasarsenen PP

2.         KA Serayu Malam relasi Purwokerto – Kroya – Pasarsenen PP 

3.         KA Kutojaya Selatan relasi Kotoarjo – Kiaracondong PP

4.         KA Sawunggalih Pagi relasi Kutoarjo – Pasarsenen PP

5.         KA Wijayakusuma relasi Cilacap – Surabaya Gubeng – Ketapang PP

Ayep juga menegaskan kebijakan ini sebenarnya bukan pembatalan, meski pada praktiknya ada perjalanan KA yang urung dilaksanakan. Akan tetapi, merupakan penghentian sementara masing-masing perjalanan KA.

Selain itu ada persyaratan naik KA yang harus dipenuhi oleh calon penumpang merujuk pada SE Kemenhub Nomor 42 Tahun 2021 yaitu:

- Untuk perjalanan KA jarak jauh harus menunjukkan kartu telah vaksin minimal dosis pertama, hasil negatif tes RT-PCR berlaku  2x24 jam dan atau Rapid Tes Antigen yang berlaku 1x24 jam.

- Sedangkan untuk perjalanan KA dalam wilayah atau kawasan aglomerasi tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen, namun akan dilakukan tes acak (random test).

Sekalipun penumpang sudah membawa hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen, namun penumpang menunjukkan gejala indikasi Covid-19,  maka dilarang melanjutkan perjalanan dan wajib melakukan  tes diagnostik RT-PCR. Selain itu penumpang wajib menerapkan prokes ketat selama dalam peejalanan.

PT KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami para pelanggan akibat penghentian sementara beberapa perjalanan KA ini.

"Penghentian sementara tersebut dilakukan dalam upaya penataan ulang jadwal dan perjalanan beberapa rute kereta api untuk peningkatan pelayanan, agar semakin selaras dengan kebutuhan pelanggan," ujar dia.

Terkait pembatalan tersebut, KAI akan menghubungi penumpang yang telah memesan tiket sebelumnya. KAI menawarkan dua opsi yakni pembatalan dan pengalihan atau penggantian jadwal perjalanan.

“Namun jika penumpang tidak berkenan dialihkan perjalanannya ke kereta api lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan kereta api, maka kami akan mengembalikan bea secara penuh 100 persen di luar bea pesan secara tunai. Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain,” tutur dia.

Di sisi lain, Ayep mengatakan bagi masyarakat yang ingin tetap menggunakan kereta api, dapat menggunakan kereta api lainnya yang masih beroperasi.

Sebelumnya, PT KAI juga pernah menerapkan pembatalan perjalanan KA jarak jauh. Bahkan saat awal pandemi, hampir semua perjalanan KA ini dibatalkan.

Saat ini PT KAI sebenarnya sudah masuk pada fase menuju normal dengan dibukanya kembali perjalanan KA jarak jauh. Di sisi lain, pembatalan perjalanan KA sendiri umumnya terkait antisipasi penyebaran Covid-19 dan pertimbangan bisnis mengingat jumlah penumpang tidak maksimal.

“Semoga kebijakan ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, agar penyebaran virus corona melalui kereta api dapat dicegah,” pungkasnya.

Adapun penumpang dapat menghubungi Contact Center 121 melalui telepon ke 021-121, email [email protected] atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait perjalanannya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut