get app
inews
Aa Read Next : Kilang Cilacap Sediakan 500 Paket Sembako Murah, Ludes dalam Satu Jam

International Firefighter’s Day 2023, Kilang Cilacap Siap Wujudkan Firefighter Tangguh

Jum'at, 05 Mei 2023 | 07:58 WIB
header img
Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menyelenggarakan peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional (International Firefighter’s Day) 2023. (Foto: istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menyelenggarakan peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional (International Firefighter’s Day) 2023. Selain peringatan sekaligus membawa pesan kepada seluruh elemen bangsa untuk menggalang solidaritas, jiwa patriot serta memperkuat pengabdian aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan. 

“Sehingga mampu melahirkan patriot pemadam kebakaran dan penyelamatan yang tangguh,”kata GM PT KPI RU IV Cilacap, Edy Januari Utama pada upacara International Frirefighter Day di lapangan komplek Head Office PT KPI RU IV Cilacap, Kamis (4/5/2023). 

Menuerut Edy dengan semangat dan ketangguhan, PT KPI bertekad mewujudkan visi misi pemadam kebakaran internasional, to prevent fires, safe property and lives melalui layanan pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan secara profesional & terlatih.

"Event ini sekaligus pengecekan kesiapsiagaan fasilitas, equipment, maupun personal KPI saat kondisi emergency dan keadaan lain yang berpotensi terjadi dalam kilang maupun wilayah operasional,”kata Edy.

Pjs Manager HSSE PT KPI RU IV, Hartanto menyebutkan rangkaian International Firefighter’s Day diantaranya pelatihan pemadaman melibatkan seluruh pekerja. "Kami juga menggelar pelatihan pemadaman khususnya bagi personal Fire Brigade agar keterampilan mereka lebih terasah. Karena tugas pemadam kebakaran yang cukup kompleks,”katanya. 

Sementara itu Kasubsi Operasi dan Siaga Basarnas Cilacap, Priyo Prayudha Utama mengungkapkan penanganan penanggulangan bencana bukan hanya tugas Basarnas selalu pemangku undang-undang pencarian, pertolongan, penyelamatan, serta evakuasi. Masyarakat juga bisa berpartisipasi menjaga dan menyiapkan keselamatan pada keadaan tersebut. "Pertamina sejauh ini sangat sigap membantu masyarakat dalam penanganan kebakaran,”ujarnya. 

Senada Kasubbag TU UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Cilacap, Riadi menyatakan PT KPI memiliki perangkat pemadaman, sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai. “Kami berharap kolaborasi dan kerja sama yang baik ini terus berkelanjutan, khususnya dalam upaya pemadaman kebakaran,” katanya.  

Dalam kesempatan itu, GM Edy melakukan penyematan helm Fire Fighter kepada anggota Pertamina Fire Brigade, bukti kesiapsiagaan menghadapi kondisi emergency. Kegiatan diikuti Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD), Security, Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap. 
 
Acara dimeriahkan dengan aksi yel- yel tim Pertamina Fire Brigade, dan atraksi lowering sebagai gambaran evakuasi kebakaran dari gedung bertingkat menggunakan fire truck tangga.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut