get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kilang Cilacap, Direktur Operasi KPI Pastikan Kesiapan Dukung Satgas RAFI

Penangkaran Rusa Timor Pertamina Cilacap, Kini Jadi Favorit Wisata Edukasi

Selasa, 13 September 2022 | 10:12 WIB
header img
Sejumlah mahasiswa pecinta alam (mapala) dari perguruan tinggi di wilayah Banyumas Raya mengunjungi penangkaran rusa timor di Adaptif Park. (Foto: dok PT Kilang Pertamina Internasional CIlacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id -  Penangkaran Rusa Timor di Adaptif Park, komplek perumahan Pertamina Gunung Simping oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap kini menjadi favorit wisata edukasi. Ini terbukti dengan adanya kunjungan sejumlah Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari perguruan tinggi di wilayah Banyumas Raya, Rabu (7/9/2022). 

Didampingi tim Resor Konservasi Wilayah (RKW) II Cilacap Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, 25 orang Mapala tersebut melihat langsung lokasi penangkaran. Mereka di antaranya dari  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto, Universitas Nadhatul Ulama Imam Ghazali (Unugha) Cilacap, dan Universitas Al Irsyad Cilacap. 

Rombongan diterima Pjs. Section Head Environment fungsi HSSE PT KPI RU IV Cilacap, Yogi Wardana di gedung Patra Nirwana untuk menyimak pemaparan BKSDA mengenai sejarah, proses reproduksi, cara perawatan, proses penangkaran hingga pelepasliaran rusa.

"Selain ketaatan terhadap peraturan pengelolaan lingkungan berkelanjutan, kami juga berkontribusi pada program Pemkab Cilacap, Bangga Mbangun Desa. Semoga rusa-rusa ini dapat terus berkembang biak, sehingga Pertamina turut menekan pengurangan populasi Rusa Timor," kata Yogi. 

Kepala RKW II Cilacap BKSDA Provinsi Jawa Tengah, Dedi Rusyanto mengaku bangga atas upaya konservasi Rusa Timor yang berhasil dilakukan Pertamina.

"Upaya ini nyata berdampak terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar dan memotivasi pemerhati lingkungan seperti mahasiswa untuk melakukan konservasi baik eksitu maupun insitu sesuai harapan kita," ujarnya. 

Ditambahkan Dedi, keberhasilan PT KPI RU IV dapat menjadi _role model_ bagi upaya serupa baik oleh perorangan atau kelompok. "BKSDA siap melakukan pendampingan karena semua orang atau kelompok masyarakat dapat turut melakukan konservasi Rusa Timor," tuturnya. 

Ratih, Mapala Satria UMP menyatakan kegembiraannya karena konservasi ini satu-satunya di Cilacap dan berada dekat dengan kampusnya. "Yang selama ini kami cari ternyata ada di Cilacap. Kami turut bangga karena di Banyumas atau Purwokerto, belum ada upaya ini," ucapnya. 

Dia mengatakan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Pertamina untuk memperdalam ilmu konservasi Rusa Timor dan akan menyebarluaskan informasi ini kepada sivitas akademika di kampusnya. 

Sebelumnya penangkaran rusa pada Desember 2020 lalu, kini bertambah menjadi 11 ekor. Saat itu penangkaran sekaligus peresmian Adaptif Park oleh General Manager (GM) PT KPI RU IV, Joko Pranoto ditandai pelepasan lima ekor rusa yang terdiri dari satu ekor jantan dan empat ekor betina.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut