get app
inews
Aa Read Next : Perangi Narkoba di Lingkungan Kerja, Kilang Pertamina Cilacap Gelar Tes Urine 3 Ribu Orang

Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

Selasa, 03 September 2024 | 08:20 WIB
header img
Pertiwi, wadah inklusif bagi pekerja perempuan Pertamina di Kilang Cilacap, berkolaborasi dengan komunitas Mom’s Go Green dalam aksi pengumpulan jelantah. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Pertiwi, wadah inklusif bagi pekerja perempuan Pertamina di Kilang Cilacap, berkolaborasi dengan komunitas Mom’s Go Green dalam aksi pengumpulan minyak goreng jelantah di komplek Perumahan Pertamina Donan pekan lalu. Upaya sederhana ini merupakan kontribusi nyata dalam penyelamatan lingkungan.

Pengumpulan minyak jelantah ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan secara bergilir di komplek perumahan Pertamina Donan, Gunung Simping, dan Tegalkatilayu. Dalam kerjasama dengan komunitas Jejak Jelantah Cilacap, 3 liter minyak goreng jelantah dapat ditukar dengan 1 liter minyak goreng baru.

Warga di komplek perumahan menyambut kegiatan ini dengan antusias. Mereka membawa minyak jelantah yang telah dikumpulkan di rumah masing-masing untuk kemudian ditukar dengan minyak goreng baru. 

"Ini yang kami tunggu, cukup dengan 3 liter minyak jelantah, pulang bisa bawa 1 liter minyak goreng baru," kata Bowo, salah satu warga setempat.

Koordinator Pertiwi Kilang Cilacap, Diana Suciati, menjelaskan bahwa program pengumpulan minyak jelantah ini merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. 

"Aksi ini sangat mudah. Siapapun bisa mengumpulkan minyak jelantah di rumah setelah memasak, karena kita tahu penggunaan ulang minyak goreng tidak baik untuk kesehatan," ujarnya.

Diana, yang juga menjabat sebagai Manager Human Capital PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, berharap kegiatan ini dapat berlanjut. 

"Semoga dari aksi-aksi kecil ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan bisnis Pertamina, terutama dalam pencapaian nilai ESG, sehingga bisa diduplikasi di unit lain," tambahnya.

Tiara Fatmila, Co-Founder Mom’s Go Green Cilacap, mengungkapkan bahwa program pengumpulan minyak jelantah ini merupakan salah satu program unggulan komunitasnya yang diadakan setiap tiga bulan sekali. 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut