get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Hebat! Atlet Panjat Tebing Banyumas Sumbangkan Medali Emas untuk Jateng di Kejurnas KU Antar Club

Jum'at, 12 Mei 2023 | 10:10 WIB
header img
Atlet cilik dari Kabupaten Banyumas menyumbangkan medali emas untuk Jawa Tengah dalam Kejuaraan Panjat Tebing Terbuka Kelompok Umur tingkat Nasional Tahun 2023. Foto: Dok FPTI Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Atlet cilik dari Kabupaten Banyumas menyumbangkan medali emas untuk Jawa Tengah dalam Kejuaraan Panjat Tebing Terbuka Kelompok Umur tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Kompetisi tersebut diadakan pada 9-11 Mei 2023 di venue olahraga panjat tebing bertaraf Internasional di Tangerang Wall Climbing Center, Cipondoh, Kota Tengerang, Banten.

Sekretaris Umum FPTI Banyumas, Galih Widi Prabowo mengatakan jika ada 141 atlet cilik dari seluruh Indonesia yang ikut dalam Kejuaraan Panjat Tebing Terbuka tersebut. Untuk Banyumas sendiri ada 13 atlet putra dan putri dari empat club yakni Calmway, Mapsa Climbing School (MCS), Dynamic Sport Center (GSC), dan Wijayakusuma Screw Climbing (WSC) yang ikut dalam kejuaraan yang memperlombakan kategori Speed, Lead, mulai dari usia 10 hingga 13 tahun.


Muhammad Raihan Pramudya Ukail medali emas speed klasik Youth C putra dan medali perunggu Lead Youth C putra. Foto: Dok FPTI Banyumas

 

"Yang ikut se-Indonesia ada sekitar 141 atlet putra dan putri dari berbagai macam club dan juga FPTI tingkat daerah. Untuk yang menyumbangkan medali dari Banyumas, khususnya Purwokerto itu ada dua club, yaitu Calmway mendapatkan medali perak di kategori lead Youth D putri dan Wijayakusuma Screw Climbing mendapatkan dua medali, yakni emas di kategori speed clasic Youth C putra dan medali perunggu di lead Youth C putra," kata Galih saat dihubungi iNewsPurwokerto.id, Jumat (13/5/2023).

Pria yang akrab disapa comot ini mengatakan, untuk tingkat Jawa Tengah, setidaknya ada 18 atlet dari berbagai Kabupaten yang Ikut dalam kejuaraan ini, diantaranya 13 atlet dari Banyumas, 2 atlet dari Batang, 2 atlet dari Solo dan 2 atlet dari Jepara. "Dan yang menyumbangkan medali emas, perunggu dan perak hanya Banyumas, sedangkan Batang medali perak," ujarnya.

Ia menjelaskan jika dalam kejuaraan yang diadakan oleh FPTI pusat ini menggunakan sistem open kelompok umur nasional, di mana club diperbolehkan ikut dengan mengatasnamakan club, bukan mengatasnamakan FPTI setempat.

Dalam ajang open kelompok umur tingkat nasional ini diambil peringkat 1-8, dan atlet dari dua club asal Banyumas yakni club Wijayakusuma Screw Climbing Purwokerto dan Calmway menorehkan prestasi dengan membawa pulang mendali dan uang pembinaan. Berikut atlet cilik dari Kabupaten Banyumas menyumbangkan medali dalam Kejuaraan Panjat Tebing Terbuka Kelompok Umur tingkat Nasional Tahun 2023.

Wijayakusuma Screw Climbing Purwokerto

 
1. Muhammad Raihan Pramudya Ukail medali emas speed klasik Youth C putra dan medali perunggu Lead Youth C putra.

2. Jeconia Danendra Kanahaya peringkat 4 Speed Klasik dan peringkat 7 Lead Youth D Putra

3. Malika Pradipta Athohilah peringkat 8 Lead Youth D putra.

4. Athar Rizky Erabbani Yudhistira peringkat 8 Speed Klasik Youth D putra. 

Calmway 

1. Kanza Nurrafania Mutia medali perak kategori Lead Youth D putri 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut