get app
inews
Aa Read Next : DevFest 2023, 3.400 Pengembang Teknologi Bahas Teknologi AI hingga Accessibility

5 Tahun Lagi 14 Juta Pekerjaan di Seluruh Dunia Diprediksi Hilang, Apakah Digantikan AI?

Sabtu, 13 Mei 2023 | 20:28 WIB
header img
5 Tahun Lagi 14 Juta Pekerjaan di Seluruh Dunia Diprediksi Hilang, Apakah Digantikan AI? Foto: IDX channel

COLOGNY, iNewsPurwokerto.id - Berdasarkan laporan terbaru World Economic Forum (WEF), pasar tenaga kerja global diprediksi akan terguncang dalam lima tahun ke depan. Hal ini disebabkan pengaruh ekonomi yang makin melemah serta adanya peningkatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)

Berdasarkan laporan WEF yang melakukan survey terhadap 800 lebih perusahaan beberapa waktu lalu, ditemukan jika pemberi kerja akan menciptakan 69 juta pekerjaan baru pada 2027 dan menghilangkan 83 juta posisi. Hal ini menyebabkan hilangnya sekitar 14 juta pekerjaan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pasar tenaga kerja dalam waktu tersebut. Dikutip dari CNN Business, penggunaan sistem energi terbarukan akan menjadi pemicu yang menghasilkan lapangan kerja, akan tetapi pertumbuhan ekonomi yang melambat dan tingginya inflasi bakal menyebabkan kerugian.

Termasuk penggunaan teknologi kecerdasan buatan juga bakal memberikan dampak positif dan negatif pada periode tersebut. Di mana perusahaan akan membutuhkan para pekerja baru untuk membantu menerapkan dan mengelola alat kecerdasan buatan. Berdasarkan data WEF, data analyst dan scientist, spesialis perangkat lunak, dan pakar keamanan siber diprediksi akan meningkat rata-rata sekitar 30 persen pada 2027.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut