get app
inews
Aa Read Next : Tarian Kolosal Warnai Peringatan HUT RI di Kebumen

Puluhan Warga Kebumen Terinfensi Bakteri E-coli, Begini Kondisinya Sekarang

Kamis, 18 Mei 2023 | 07:31 WIB
header img
Sebanyak 37 penduduk Desa Giripurwo, Kecamatan Karanganyar, Kebumen terinfeksi E-coli, saat sekarang sudah dinyatakan sembuh. (Foto: Istimewa)

"Berdasarkan hasil uji laboratorium, bakteri E-Coli diduga berasal dari empat mata air yang berasal dari lahan Perhutani. Kami telah meminta penutupan sementara karena tindakan penanganan diperlukan," ujar Bupati di Balai Desa Giripurno pada Selasa, 16 Mei.

Untuk sementara, suplai air kebutuhan masyarakat akan dipenuhi melalui Pamsimas yang telah terjamin keamanannya. Pasalnya, Pamsimas secara rutin melakukan pemeriksaan kondisi air. Namun demikian, agar lebih aman, Bupati meminta masyarakat untuk merebus air sampai mendidih.

"Untuk keamanan yang lebih baik, saya harap masyarakat menunggu air mendidih selama tiga menit setelah merebusnya. Insya Allah, bakteri E-coli dan coliform akan mati," jelasnya.

Uji laboratorium terhadap sumber-sumber air di Giripurno masih terus dilakukan, sambil memberikan penggunaan obat kaporit untuk membunuh bakteri.

"Kami telah meminta agar sumber-sumber air tersebut terus diberikan kaporit secara berkelanjutan, seperti proses penyaringan air yang dilakukan oleh PDAM, agar bakteri-bakteri tersebut mati dan tidak berkembang," tambahnya.

Bupati juga mengharapkan masyarakat untuk benar-benar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang limbah secara sembarangan dan menjauhkan sumber mata air dari kandang ternak.

"Kami berharap insiden seperti ini tidak akan terjadi lagi, sehingga masyarakat dapat terhindar dari bakteri ini," tegas Bupati.

Diketahui bahwa batas kandungan E-coli minimal harus 0 persen, tidak boleh melebihi angka tersebut. Sementara di Kebumen, kandungan E-coli pernah ditemukan hingga 8 persen. Sedangkan batas kandungan Coliform adalah 50, namun pernah ditemukan mencapai 158.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut