get app
inews
Aa Read Next : Jadi Juara Nasional, Empat Atlet Pelajar Banyumas Bakal Ikuti Pelatihan di China

Mulai 1 Juli 2023, Pelajar hingga Lansia Naik Trans Banyumas Bayar Rp2.000

Rabu, 24 Mei 2023 | 16:49 WIB
header img
Mulai 1 Juli 2023, Pelajar hingga Lansia Naik Trans Banyumas Bayar Rp2.000. (Foto: Aryo Rizqi/iNews.id).

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sejak diluncurkan, bus Trans Banyumas memberikan tarif khusus bagi para pelajar, lansia (lanjut usia), dan penyandang disabilitas. Namun, terhitung mulai 1 Juli 2023 mendatang, bus Trans Banyumas akan mulai menggunakan tarif khusus untuk pelajar, lansia dan disabilitas yang sebelumnya gratis menjadi berbayar.

Kepala Pengelola PT. Banyumas Raya Transportasi Ipoeng Martha Marsikun mengatakan dalam waktu sebulan ini pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para penumpang tersebut. Tarif khusus yang akan diberlakukan bagi pelajar, lansia dan disabilitas nantinya berkisar Rp2.000.

"Untuk tarif yang berlaku per 1 Juli 2023 adalah yang kemarin ini free (gratis) yaitu anak anak SD sampai dengan SMA, kemudian mahasiswa S1, kemudian lansia dan disabilitas yang selama ini gratis atau nol rupiah. Nanti per 1 Juli menjadi berbayar sekitar Rp2000 rupiah," kata Ipoeng usai Sosialisasi Penerapan Tarif Integrasi dan Tarif Golongan Khusus Bagi Penumpang Bus Trans Banyumas di Purwokerto, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, para penumpang dengan tarif khusus seperti pelajar, lansia dan disabilitas harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan tarif Rp2.000. Berbeda dengan penumpang umum yang tarifnya tetap Rp 3.900 dan tidak ada perubahan.

Setelah mendaftar, nantinya para penumpang dengan tiga golongan tersebut akan melakukan scan barcode yang akan dikirimkan ke setiap calon penumpang. Kemudian mengisi data lengkap sampai dengan keluar barcode.

"Dan barcode itu nantinya akan di scan ke alat yang kita siapkan sekaligus dengan nomor e-money . Kemudian jika sudah di aktivasi, baru bisa dipakai dengan tarif Rp2000, selama aturan itu berlaku," ujarnya.

Kemudian untuk tarif yang terintegrasi, baik tarif yang khusus ataupun yang umum dapat digunakan selama 120 menit. 

"Jadi misalnya kita gunakan tarif yang khusus ini Rp2.000, karena semua golongan baik yang umum maupun khusus ini bisa dipakai selama maksimal 120 menit atau 2 jam sejak pertama kali tapping kartu. Misalnya kita naik pada bus pertama, kemudian kita Tapping, misal pukul 13.00 WIB, otomatis waktu bebas membayar itu selama 2 jam, yakni sampai pukul 15.00 WIB. Jadi selama 120 menit silahkan penumpang boleh naik kemanapun, kapanpun, bis koridor manapun yang sesama BTS (Buy the Service) bukan bis lain, dengan Rp 2000 rupiah per 1 Juli nanti," jelasnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut