get app
inews
Aa Read Next : 8 Penyakit Usai Lebaran Akibat Kalap Santap Hidangan Menggoda

Makanan yang Wajib Dihindari Bagi Orang Idap Kolestrol Tinggi, Jika Ingin Selamat!

Minggu, 28 Mei 2023 | 19:53 WIB
header img
Pengidap penyakit kolesterol tinggi harus sangat berhati-hati ketika memilih manu makanan. Foto/iStock

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Pengidap penyakit kolesterol tinggi harus sangat berhati-hati ketika memilih manu makanan. Bahkan, orang yang idap kolesterol tinggi harus merubah kebiasaan makan mereka dengan makanan yang sehat.

Sebab, ketika makanan yang mereka konsumsi tidak terkontrol dengan baik termasuk kandungan, jenis serta porsinya, maka dapat memicu naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Efek yang disebabkan hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, sebagai contoh adalah penyakit stroke, kardiovaskular, hingga penyumbatan pembuluh darah.

Lalu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita yang kena kolesterol tinggi? berikut ulasannya seperti dirangkum Okezone dari Healthline dan EverydayHealth.

1. Ayam goreng

Makanan yang wajib dihindari orang yang idap kolesterol tinggi adalah ayam goreng, apalagi ayam dengan kulit akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebab kandungan lemak pada kulit ayam sangat tinggi. Menurut ahli kesehatan, satu paha ayam yang berkulit, memiliki kandungan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan dengan hamburger. Jika ingin makan ayam goreng, alangkah baiknya hilangkan kulitnya.

“Menghilangkan kulit akan membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan," kata Kristi King, Ahli diet senior di Rumah Sakit Anak Texas dan instruktur klinis di Baylor College of Medicine di Houston.

2. Gorengan

Selain kulit paha ayam, makanan berbahaya yang digoreng juga memiliki kandungan lemak trans, di mana dapat mengubah makanan yang sebelumnya sehat menjadi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol. 

Lemak jahat (LDL) yang dihasilkan dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, dan digunakan untuk makanan yang beredar di pasaran, atau makanan yang digoreng seperti kue kering, kentang goreng, onion ring, dan kerupuk, akan menjadi makanan yang buruk bagi tubuh, sebab dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut